Spesifikasi dan Harga Xiaomi MIX Fold 3

xiaomi MIX Fold 3

Xiaomi telah meluncurkan ponsel lipat terbarunya, yaitu Xiaomi MIX Fold 3. Ponsel lipat ini hadir dengan desain yang ramping, engsel yang lebih tipis dan lebih tahan lama, serta dua kamera telefoto.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara mendalam tentang spesifikasi, fitur, harga, dan ketersediaan Xiaomi MIX Fold 3.

Desain yang Tipis dan Elegan

Xiaomi MIX Fold 3 menawarkan desain yang ramping dengan pilihan bodi serat komposit atau kaca. Model serat komposit memiliki ketebalan 10,86 mm saat dilipat dan 5,26 mm saat dibuka, dengan berat 255 gram.

Sementara itu, model kaca memiliki ketebalan 10,96 mm dan berat 259 gram. Meskipun tidak se-tipis HONOR Magic V2, Xiaomi MIX Fold 3 tetap merupakan ponsel lipat yang cukup ramping.

Peningkatan Hardware yang Ditunggu-tunggu

Peningkatan perangkat keras terbesar mungkin terletak pada engsel yang eksklusif. Xiaomi mengatakan bahwa engsel ini memungkinkan desain yang lebih ringan dan lebih tipis.

Engsel ini juga memiliki daya tahan hingga 500.000 kali lipatan. Namun, belum jelas apakah peringkat ini juga berlaku untuk layar lipatnya.

Engsel baru ini juga membawa desain stop-bebas untuk pertama kalinya di seri MIX Fold, yang berarti layar MIX Fold 3 dapat dibuka sebagian antara 45 hingga 135 derajat.

Ini adalah peningkatan yang ditunggu-tunggu bagi Xiaomi, karena ponsel lipat sebelumnya hanya bisa dibuka sepenuhnya atau ditutup sepenuhnya tanpa posisi di antara keduanya.

Peningkatan ini memungkinkan penggunaan Mode Fleksibel untuk pemutaran video, fotografi, dan banyak lagi.

Namun, Xiaomi belum menyebutkan sertifikasi perlindungan IP khusus untuk ponsel lipat baru ini. Hal ini membuat kita berpikir bahwa perangkat ini tidak memiliki sertifikasi perlindungan terhadap air yang signifikan.

Jadi, bagi mereka yang menghargai ketahanan terhadap air, mungkin perlu mempertimbangkan perangkat dari HUAWEI, Google, dan Samsung.

Tampilan yang Luas dan Memukau

Beralih ke layar, Xiaomi MIX Fold 3 memiliki layar smartphone OLED FHD+ 6,56 inci (21:9, 120Hz, perlindungan Victus 2) dan layar OLED LTPO lipat 8,03 inci (2.160 x 1.916, 120Hz, kaca sangat tipis).

Ponsel lipat biasanya melakukan kompromi pada kamera, tetapi MIX Fold 3 tampaknya melangkah lebih jauh dari tren ini.

Ponsel lipat Xiaomi ini dilengkapi dengan sistem kamera belakang quad, yang terdiri dari kamera utama 50MP IMX800 (dilengkapi OIS), lensa ultrawide 12MP (sudut pandang 125 derajat), dan sepasang kamera telefoto 10MP (3,2x dan 5x).

Jarang sekali melihat ponsel lipat dengan dua kamera telefoto, dengan vivo X Fold dan X Fold Plus menjadi satu-satunya perangkat lain yang memiliki fitur tersebut.

Jadi, bagi mereka yang menghargai kemampuan zoom kamera yang hebat, MIX Fold 3 adalah pilihan yang tepat. Selain itu, kamera selfie 20MP tersedia di setiap layar.

Spesifikasi Inti dan Fitur Lainnya

Dalam hal spesifikasi inti, MIX Fold 3 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 yang dioverclock, baterai 4.800mAh, pengisian daya kabel 67W, dan pengisian daya nirkabel 50W.

Fitur lain yang patut dicatat termasuk speaker ganda dengan dukungan Dolby Atmos, antarmuka MIUI Fold 14 berbasis Android 13, dan NFC.

Harga dan Ketersediaan Xiaomi MIX Fold 3

Xiaomi MIX Fold 3 saat ini hanya tersedia di China, dengan harga mulai dari 8.999 yuan (sekitar $1.239) untuk model dasar dengan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB.

Jika Anda menginginkan model dengan RAM 16GB dan penyimpanan 1TB, maka Anda harus mengeluarkan 10.999 yuan (sekitar $1.515). Ponsel ini akan mulai dijual di pasar China mulai tanggal 16 Agustus.

Belum ada informasi tentang ketersediaan global secara luas. Namun, perlu dicatat bahwa IFA akan diadakan dalam beberapa minggu ke depan, jadi kita bisa mengharapkan pengumuman rencana global di acara tersebut.

Dengan desain yang ramping, engsel yang lebih tipis, dan fitur-fitur canggih seperti kamera quad dan layar lipat yang memukau, Xiaomi MIX Fold 3 menjadi ponsel lipat yang menarik untuk diperhatikan.

Mari kita tunggu kabar lebih lanjut apakah Xiaomi akan merilis ponsel ini di pasar global atau tidak.

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment