Cara Sembunyikan Foto di Android, Biar Tak Dikepoin Orang

sembunyikan foto di android

Apakah Anda pernah merasa khawatir bahwa foto-foto pribadi Anda yang ada di galeri foto ponsel Android bisa dilihat oleh orang lain? Saatnya sembunyikan foto di Android.

Mungkin ada beberapa foto yang berisi informasi rahasia atau ide hadiah untuk orang terdekat yang tidak ingin Anda bagikan kepada siapa pun.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyembunyikan foto-foto tersebut dan menjaga privasi Anda tetap terjaga.

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan foto di perangkat Android Anda.

Menggunakan Fitur Folder Aman pada Samsung

Jika Anda memiliki ponsel Samsung dengan sistem operasi Android Nougat 7.0 atau versi di atasnya, Anda dapat menggunakan fitur Folder Aman dari Samsung.

Fitur ini memungkinkan Anda menyimpan file, foto, dan bahkan aplikasi pribadi dalam area yang dilindungi dengan kata sandi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur Folder Aman untuk pertama kalinya:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Anda.
  2. Gulir ke bawah dan pilih Biometrik dan Keamanan.
  3. Pilih Folder Aman.
  4. Ikuti instruksi pada layar untuk masuk menggunakan akun Samsung Anda.
  5. Pilih metode kunci yang Anda inginkan.
  6. Setelah selesai, Folder Aman akan dapat diakses melalui laci aplikasi ponsel Anda.

Untuk menyembunyikan foto di Folder Aman, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi Tambahkan File.

Pastikan untuk diingat bahwa foto-foto yang ada di Folder Aman hanya disimpan di perangkat Anda dan tidak dicadangkan di tempat lain. Jika Anda harus mengatur ulang ponsel, foto-foto tersebut akan dihapus.

Menggunakan Fitur Folder Terkunci pada Google Photos

Hampir semua ponsel Android dilengkapi dengan aplikasi Google Photos. Anda dapat menggunakan fitur Folder Terkunci dalam Google Photos untuk menyembunyikan foto-foto pribadi Anda dari galeri utama.

Ketika Anda memindahkan foto ke dalam folder ini, foto-foto tersebut tidak akan lagi terlihat di aplikasi penjelajah gambar di perangkat Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur Folder Terkunci di Google Photos:

  1. Buka aplikasi Google Photos pada ponsel Anda.
  2. Ketuk ikon Library di bagian bawah layar.
  3. Gulir ke bawah dan pilih Utilitas.
  4. Pilih Folder Terkunci.
  5. Ikuti petunjuk di layar untuk membuka folder terkunci menggunakan sidik jari atau PIN.
  6. Setelah terbuka, pilih foto dan video yang ingin Anda tambahkan ke folder terkunci.
  7. Ketuk Pindahkan untuk memindahkan foto dan video tersebut ke dalam folder terkunci.

Anda juga dapat menghapus konten dari folder terkunci atau memindahkannya keluar dari folder jika diperlukan.

Namun, perlu diingat bahwa Folder Terkunci dalam Google Photos tidak akan mencadangkan isi folder tersebut. Jika Anda sudah mencadangkan foto-foto tersebut sebelumnya, foto-foto tersebut akan dihapus dari cadangan.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menyembunyikan Foto

Selain menggunakan fitur bawaan pada ponsel Android, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menyembunyikan foto dan menjaga privasi Anda tetap terjaga. Berikut adalah tiga aplikasi galeri foto pihak ketiga terbaik yang dapat Anda gunakan:

1. Vaulty

Vaulty adalah salah satu aplikasi terkemuka untuk menyembunyikan konten pribadi. Aplikasi ini dilengkapi dengan galeri foto sendiri yang hanya dapat dilihat di dalam aplikasi tersebut.

Anda juga dapat membuat beberapa “vault” atau gudang penyimpanan terpisah, sehingga Anda dapat memiliki set foto yang berbeda untuk ditunjukkan kepada orang-orang yang berbeda. Semua konten yang Anda simpan di Vaulty dilindungi dengan kata sandi, dan aplikasi ini juga mencadangkan media Anda sehingga tetap aman jika ponsel hilang.

Download: Vaulty

2. Keepsafe

Keepsafe adalah pesaing terbesar Vaulty. Fitur-fiturnya sangat mirip; semua foto Anda dilindungi dengan kata sandi dan dienkripsi, dan Anda dapat mencadangkan foto-foto tersebut ke penyimpanan awan aplikasi.

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang dapat menyembunyikan ikon aplikasi, sehingga tidak ada yang tahu bahwa Anda menyembunyikan sesuatu di ponsel Anda.

Terakhir, Keepsafe juga memiliki fitur yang mirip dengan Snapchat, yaitu foto yang dapat menghapus diri sendiri setelah 20 detik jika dibagikan dengan pengguna lain dari aplikasi ini.

Download: Keepsafe

3. LockMyPix

LockMyPix menggunakan enkripsi standar untuk menyembunyikan sejumlah foto atau video yang tidak terbatas di ponsel atau tablet Android Anda.

Beberapa fitur lain dari aplikasi ini yang membuatnya menonjol antara lain kemampuan untuk membuat gudang palsu dengan PIN terpisah, dukungan untuk foto di kartu SD, pencadangan terenkripsi, dan juga dukungan untuk file GIF.

Download: LockMyPix

Menggunakan Manajer File untuk Menyembunyikan Foto dari Galeri

Selain menggunakan aplikasi atau fitur bawaan pada ponsel Android, Anda juga dapat menggunakanmanajer file untuk menyembunyikan foto dari galeri. Berikut adalah dua trik menggunakan manajer file:

Membuat Folder Baru

  1. Instal dan buka aplikasi manajer file berkualitas tinggi di ponsel Anda.
  2. Buat folder baru yang diawali dengan tanda titik (misalnya, .PrivateFiles atau .Rahasia).
  3. Pindahkan semua foto yang ingin Anda sembunyikan ke dalam folder yang baru saja Anda buat. Cara untuk melakukannya bervariasi tergantung pada aplikasi manajer file yang Anda gunakan.

Setelah Anda memindahkan foto ke folder dengan awalan titik, foto-foto tersebut tidak akan ditampilkan di galeri foto karena folder dengan awalan titik tidak akan dipindai oleh perangkat lunak ponsel.

Membuat File “.nomedia”

Jika Anda memiliki ratusan foto yang ingin Anda sembunyikan, cara terbaik adalah dengan membuat file .nomedia di folder yang ingin Anda sembunyikan.

Untuk membuat file tersebut, Anda masih memerlukan aplikasi manajer file pihak ketiga.

Gunakan aplikasi tersebut untuk mencari folder yang ingin Anda sembunyikan dan buat file baru di dalamnya dengan nama .nomedia (pastikan Anda menyertakan tanda titik).

File tersebut tidak perlu memiliki konten apa pun, yang penting adalah nama file tersebut.

Untuk mengembalikan foto-foto yang disembunyikan, cukup hapus file .nomedia.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun kedua metode ini menyembunyikan konten dari galeri foto bawaan, foto-foto tersebut masih dapat dilihat melalui aplikasi manajer file.

Metode ini tidak memberikan perlindungan dengan kata sandi.

Kesimpulan

Menyembunyikan foto-foto pribadi di ponsel Android sangat penting untuk menjaga privasi Anda.

Dalam panduan ini, kami telah menjelaskan berbagai metode yang dapat Anda gunakan, mulai dari menggunakan fitur bawaan pada ponsel Anda hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menyembunyikan foto-foto yang ingin Anda jaga kerahasiaannya dan menjaga privasi Anda tetap terjaga.

Jangan lupa untuk mengunjungi toko aplikasi resmi seperti Google Play Store untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang disebutkan di panduan ini.

Pastikan juga untuk membaca ulasan pengguna sebelum menginstal aplikasi pihak ketiga apa pun.

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment