Rekomendasi Vacuum Sealer Terbaik, Cara Kerja, dan Tips Memilihnya

vacuum sealer

Apakah Anda sering mengalami masalah dengan makanan yang cepat rusak di lemari es atau freezer? Jika iya, mungkin saatnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan vacuum sealer.

Vacuum sealer adalah alat yang membantu mengeluarkan udara dari kantong plastik khusus dan kemudian menyegelnya.

Proses ini membantu memperpanjang umur simpan makanan Anda, mengurangi risiko kontaminasi bakteri, dan menghemat ruang serta uang.

Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai vacuum sealer terbaik yang dapat membantu Anda dalam pengawetan makanan.

Kami akan membandingkan berbagai model dan merekomendasikan yang terbaik berdasarkan kebutuhan dan anggaran Anda.

1. FoodSaver Vacuum Sealer VS3150

Salah satu vacuum sealer terbaik yang tersedia di pasaran adalah FoodSaver Vacuum Sealer VS3150. Alat ini dilengkapi dengan ruang vakum yang dapat dilepas sepenuhnya dengan baki serpih terintegrasi.

Fitur ini memudahkan proses pembersihan yang menyeluruh setelah penggunaan, bahkan jika Anda ingin membersihkannya setiap setelah penggunaan kantong.

Cairan daging dan bumbu marinasi dengan mudah tersedot ke dalam ruang vakum, mencegah adanya kontaminasi.

2. Geryon Vacuum Sealer E2900-MS

Jika Anda tidak berencana menggunakan vacuum sealer secara terus-menerus dan hanya membutuhkan model dasar yang tidak terlalu mahal, maka Geryon Vacuum Sealer E2900-MS adalah pilihan yang tepat.

Salah satu keuntungan besar dari vacuum sealer ini adalah kemudahan dalam pembersihan. Bagian dasar unit ini dapat dilepas sepenuhnya dari penutup atas yang berisi semua komponen elektronik dan motor pemanas.

Jika Anda tidak memerlukan vacuum sealer yang selalu siap digunakan, maka Geryon adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan Anda.

3. FoodSaver Vacuum Sealer VS4840

Keuntungan utama dari FoodSaver Vacuum Sealer VS4840 adalah fungsi vakum dan segel otomatis. Anda tidak perlu repot-repot dengan penutup atau mengatur kantong dengan sempurna di ruang vakum saat digunakan.

Fitur ini sangat memudahkan jika Anda membeli potongan daging besar dan membaginya menjadi bagian yang lebih kecil untuk disimpan di freezer dan digunakan nanti.

4. FoodSaver Multi-Use Handheld Vacuum Sealer and Marinator FS2160

FoodSaver Multi-Use Handheld FS2160 menawarkan fungsi marinasi yang berguna, yang secara otomatis menghidupkan dan mematikan vakum selama 10 menit ketika terpasang pada wadah.

Selama pengujian, kami menemukan bahwa fungsi ini secara periodik melepaskan dan meningkatkan tekanan vakum, sehingga memaksa cairan marinasi masuk ke dalam daging. Ini membuat sayap ayam panggang kami menjadi lebih lezat.

Mengapa Anda Membutuhkan Vacuum Sealer?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang vacuum sealer terbaik, mari kita bahas mengapa Anda membutuhkan alat ini dalam dapur Anda.

Vacuum sealer adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan udara dari kantong plastik khusus atau wadah makanan, menciptakan kondisi hampa udara di dalamnya.

Hal ini menghilangkan oksigen, menghambat pertumbuhan bakteri, dan membantu mempertahankan makanan dalam kondisi segar lebih lama di dalam lemari es atau freezer.

Vacuum sealer sering digunakan untuk mengemas makanan mentah dan matang, serta sayuran untuk penyimpanan, mempersiapkan marinasi, dan mengemas makanan dalam kantong untuk penggunaan dalam memasak sous vide.

Cara Kerja Vacuum Sealer

Prinsip kerja vacuum sealer sangat sederhana. Pertama, Anda mengunci kantong plastik yang berisi makanan ke dalam ruang vakum, yang dikelilingi oleh gasket karet.

Beberapa model vacuum sealer dilengkapi dengan baki serpih yang dapat dilepas sehingga mudah dibersihkan. Anda harus mencari model dengan baki serpih seperti ini karena memudahkan pembersihan dan menghasilkan segel yang lebih baik tanpa risiko penumpukan kotoran di dalam alat.

Setelah kantong terkunci di tempat dan udara telah dihisap keluar, Anda memicu proses penyegelan itu sendiri.

Pita penyegel — biasanya berupa pita serat PTFE (Teflon) dengan permukaan anti lengket, dengan elemen pemanas di bawahnya — berjalan di sepanjang tepi ruang vakum.

Pita ini ditempatkan di pintu masuk ruang vakum dan dipanaskan dengan elemen, biasanya kawat yang berjalan di bawah pita, untuk menciptakan penyegelan panas pada kantong vakum.

Kantong vakum itu sendiri biasanya terbuat dari poliamida dan polietilena bergrade makanan untuk mencegah masuknya oksigen, memastikan penyegelan yang aman, dan penggunaan di dalam lemari es, freezer, atau saat memasak sous vide.

Anda dapat menggunakan kantong vakum berulang kali sebelum membuangnya. Merek kantong tersebut dapat digunakan pada berbagai alat vacuum sealer dan tersedia dalam ukuran yang sudah dipotong atau gulungan yang dapat dipotong sesuai kebutuhan.

Keuntungan Menggunakan Vacuum Sealer

Menggunakan vacuum sealer memiliki sejumlah keuntungan yang signifikan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Memperpanjang umur simpan makanan: Dengan menghilangkan udara dan oksigen dari kantong vakum, makanan Anda akan tetap segar lebih lama. Ini memungkinkan Anda untuk membeli makanan dalam jumlah besar, memprosesnya menjadi bagian yang lebih kecil, dan menyimpannya di freezer untuk penggunaan nanti.
  2. Mencegah kontaminasi bakteri: Vacuum sealer membantu mengurangi risiko kontaminasi bakteri pada makanan. Dengan menghilangkan oksigen, pertumbuhan bakteri dapat dihambat, memastikan makanan tetap aman untuk dikonsumsi.
  3. Menghemat ruang dan uang: Dengan mengemas makanan dalam kantong vakum, Anda dapat menghemat ruang di lemari es atau freezer Anda. Selain itu, Anda dapat membeli makanan dalam jumlah besar, yang sering kali lebih murah, dan membaginya menjadi bagian yang lebih kecil, menghemat uang dalam jangka panjang.

Tips Memilih Vacuum Sealer

Saat memilih vacuum sealer, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

  1. Kebutuhan dan anggaran: Tentukan kebutuhan Anda dalam pengawetan makanan dan tentukan anggaran yang tepat. Ada berbagai model dengan fitur yang berbeda dan harga yang bervariasi.
  2. Kemudahan penggunaan: Pilih vacuum sealer yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Periksa juga apakah alat tersebut mudah dibersihkan setelah digunakan.
  3. Kualitas penyegelan: Pastikan vacuum sealer yang Anda pilih dapat menghasilkan penyegelan yang kuat dan tahan lama. Hal ini penting untuk menjaga kualitas makanan yang dikemas.
  4. Ketersediaan kantong vakum: Periksa apakah kantong vakum yang cocok dengan vacuum sealer tersedia secara luas dan dengan harga terjangkau. Anda tidak ingin kesulitan mencari kantong ganti saat stok Anda habis.

Kesimpulan

Dalam mencari vacuum sealer terbaik untuk kebutuhan Anda, pastikan untuk mempertimbangkan fitur, kemudahan penggunaan, dan anggaran Anda.

Beberapa merek terkenal seperti FoodSaver dan Geryon menawarkan berbagai model yang dapat memenuhi kebutuhan pengawetan makanan Anda.

Dengan menggunakan vacuum sealer, Anda dapat memperpanjang umur simpan makanan, mengurangi risiko kontaminasi bakteri, dan menghemat ruang serta uang.

Selamat mencoba dan nikmati makanan segar lebih lama dengan vacuum sealer yang tepat!

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment