Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Biar Cepat Bisa

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang paling sulit bagi penutur bahasa lainnya untuk dipelajari.

Namun, dengan perkembangan teknologi dan kemajuan aplikasi, belajar Bahasa Jepang menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan beberapa aplikasi terbaik untuk belajar Bahasa Jepang, termasuk aplikasi kartu kata, aplikasi khusus kanji, dan masih banyak lagi.

1. Quizlet: Aplikasi Kartu Kata yang Efektif

Quizlet adalah aplikasi kartu kata yang sangat efektif untuk mempelajari kosa kata dan kanji Bahasa Jepang.

Meskipun tidak menyediakan konten Bahasa Jepang secara langsung, Anda dapat mencari set kartu kata Bahasa Jepang yang telah dibuat oleh pengguna lain.

Terdapat set kartu kata populer dari buku teks Bahasa Jepang seperti Genki, Nakama, dan Soumatome yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Salah satu keunggulan Quizlet adalah kemampuannya untuk membuat set kartu kata pribadi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Anda juga dapat menggunakannya bersama dengan buku teks Bahasa Jepang atau aplikasi lain yang ada di daftar kami.

Fitur dasar Quizlet dapat digunakan secara gratis, tetapi jika Anda tertarik dengan fitur berbayar, Anda dapat mencoba Quizlet Plus secara gratis selama tujuh hari.

Setelah masa percobaan berakhir, aplikasi ini dapat diakses dengan biaya $35.99/tahun atau $7.99/bulan.

Anda bisa mengunjungi website Quizlet di https://quizlet.com/id.

2. Duolingo: Belajar Bahasa Jepang Seperti Bermain Game

Duolingo adalah aplikasi yang membuat pembelajaran bahasa terasa seperti bermain game, dan sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar Bahasa Jepang.

Dalam aplikasi ini, Anda dapat mempelajari hiragana, katakana, kanji, kosakata, dan tata bahasa Bahasa Jepang. Duolingo adalah salah satu dari banyak aplikasi yang mengadopsi konsep gamifikasi untuk meningkatkan produktivitas dan manajemen waktu, termasuk pembelajaran bahasa.

Dengan memberikan hadiah untuk konsistensi belajar dan tugas harian, Duolingo memanfaatkan kecintaan orang-orang terhadap permainan.

Jika Anda merasa cemas atau takut untuk mempelajari Bahasa Jepang, antarmuka yang menyenangkan dari Duolingo akan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis, tetapi jika Anda ingin menghilangkan iklan dan mendapatkan akses ke fitur lainnya, Anda dapat mencoba Super Duolingo seharga $6.99/bulan.

Untuk mengetahui Duolingi lebih lanjut, silakan kunjungi saja https://id.duolingo.com.

3. AnkiMobile/AnkiDroid: Aplikasi Kartu Kata yang Cerdas

AnkiMobile untuk iPhone dan AnkiDroid untuk perangkat Android adalah aplikasi pendamping untuk Anki, sebuah program komputer gratis dan open-source.

Anki adalah aplikasi kartu kata “cerdas” yang sangat disukai oleh para pembelajar serius di komunitas pembelajar Bahasa Jepang.

Anki mirip dengan Quizlet, tetapi menggunakan algoritma canggih untuk mengingatkan Anda secara berkala agar mempelajari kartu kata tertentu pada saat otak Anda berisiko melupakan.

Meskipun AnkiMobile untuk iPhone tidak termasuk dalam kategori aplikasi murah, dengan biaya sebesar $24.99, setiap pembelian membantu mendukung versi gratis dari Anki.

AnkiDroid untuk Android gratis karena dibuat oleh tim pengembang yang berbeda menggunakan kode sumber terbuka Anki. Anki dan aplikasi pendampingnya dapat digunakan untuk mempelajari apa pun, tidak hanya Bahasa Jepang.

Jika Anda masih ragu apakah ingin membeli aplikasi ini, Anda dapat mencoba program komputer Anki secara gratis terlebih dahulu.

4. italki: Belajar Berbicara dan Mendengarkan Bahasa Jepang

Keterampilan mendengarkan dan berbicara dalam Bahasa Jepang sangat penting untuk penggunaan praktis, terutama jika Anda berencana untuk mengunjungi atau tinggal di Jepang.

Jika Anda ingin berlatih berbicara dan mendengarkan Bahasa Jepang dengan penutur asli, italki mungkin menjadi aplikasi yang tepat untuk Anda.

Anda dapat memilih dari lebih dari 1000 guru Bahasa Jepang yang berbeda, menjadwalkan pelajaran, dan bertemu dengan instruktur Anda melalui Zoom.

Aplikasi yang memiliki website di https://www.italki.com ini dapat digunakan secara gratis, tetapi Anda perlu membayar per pelajaran (atau membeli paket pelajaran dengan diskon sedikit) setelah Anda menemukan guru Bahasa Jepang.

Meskipun pelajaran Bahasa Jepang Anda akan dilakukan di luar aplikasi melalui Zoom, Anda dapat menggunakan aplikasi italki untuk menemukan guru, memesan pelajaran, dan bahkan belajar melalui kuis dan podcast yang dibuat oleh penutur Bahasa Jepang.

Banyak guru Bahasa Jepang di aplikasi italki benar-benar tinggal di Jepang dan telah menyusun jadwal mereka untuk sesuai dengan waktu pembelajar Bahasa Jepang yang tinggal di luar negeri.

Pertimbangkan untuk mencoba italki untuk berlatih berbicara dan memahami Bahasa Jepang; jangan ragu untuk meminta rekomendasi buku teks kepada instruktur Anda untuk membantu Anda belajar membaca dan menulis.

5. Memrise: Menggabungkan Pembelajaran dengan Video dan Interaksi

Memrise adalah seperti gabungan antara TikTok dan Duolingo. Selain menggunakan unsur pembelajaran seperti kartu kata dan pertanyaan pilihan ganda, Anda dapat menonton video pendek ala TikTok yang dibuat oleh penutur asli Bahasa Jepang untuk mempelajari tata bahasa, kosa kata, dan banyak lagi.

Anda juga dapat berlatih berkomunikasi dalam Bahasa Jepang dengan bot AI dalam aplikasi Memrise. Terdapat berbagai skenario yang dapat Anda pilih, termasuk memesan kopi, menyapa resepsionis hotel, dan memperkenalkan diri kepada rekan kerja baru.

Memrise dapat diunduh dan digunakan secara gratis, tetapi jika Anda ingin membuka semua fiturnya, Anda memerlukan langganan yang biayanya sebesar $8.99/bulan, $44.99/tahun (dengan diskon 50%), atau $119.99 seumur hidup.

6. Tsurukame: Belajar Kanji dengan Lebih Mudah

Mempelajari kanji Bahasa Jepang bisa terasa seperti tugas yang mustahil, tetapi WaniKani, sebuah program berbasis web yang dikembangkan oleh Tofugu, adalah cara yang sempurna untuk belajar kanji dari nol.

Karena WaniKani sendiri tidak memiliki aplikasi, aplikasi pihak ketiga gratis seperti Tsurukame telah muncul untuk membantu pembelajar tetap berada pada jalur meskipun tidak berada di dekat komputer.

Tsurukame hanya tersedia untuk iOS dan iPadOS, tetapi kami akan membahas aplikasi yang kompatibel dengan Android sebentar lagi.

Dengan WaniKani, Anda akan mempelajari radikal kanji dan akhirnya kanji itu sendiri berdasarkan mnemonic (teknik yang berbeda untuk membantu Anda menghafal sesuatu dengan mudah).

Tsurukame memungkinkan Anda untuk mengulang pelajaran WaniKani ketika Anda sedang jauh dari komputer atau bahkan offline.

Kadang-kadang sulit untuk melacak apa yang perlu Anda pelajari ketika mempelajari bahasa baru, tetapi Tsurukame menggunakan metode repetisi berjarak untuk mengoptimalkan pembelajaran Anda.

7. Flaming Durtles: Aplikasi Pendamping WaniKani untuk Pengguna Android

Flaming Durtles adalah versi Android dari aplikasi pendamping gratis pihak ketiga untuk WaniKani. Setelah menghubungkan akun WaniKani Anda dengan Flaming Durtles, Anda dapat mempelajari kanji langsung di ponsel Anda.

Seperti Tsurukame, Flaming Durtles juga menawarkan dukungan offline. Setelah Anda kembali online, kemajuan Anda akan disinkronkan dengan akun WaniKani Anda.

Baik Tsurukame maupun Flaming Durtles tidak berafiliasi dengan atau didukung oleh WaniKani. Namun, WaniKani memiliki bagian khusus di papan komunitasnya untuk diskusi tentang aplikasi pihak ketiga yang menggunakan API WaniKani.

Mudah Belajar Bahasa Jepang dengan Aplikasi-Aplikasi Ini

Anda tidak perlu mendaftar dalam kursus Bahasa Jepang untuk mulai (atau melanjutkan) belajar Bahasa Jepang. Dengan aplikasi kartu kata yang terpercaya seperti Quizlet atau Anki, Anda dapat dengan mudah mengulang kosa kata.

Duolingo sempurna untuk pemula yang ingin merasa seperti bermain game, dan Memrise akan membuat Anda merasa seperti menonton TikTok Bahasa Jepang.

Di sisi lain, italki sangat bagus untuk menyewa penutur asli Bahasa Jepang untuk berbicara melalui Zoom, dan baik Tsurukame maupun Flaming Durtles ideal untuk para pembelajar serius yang ingin mempelajari kanji Bahasa Jepang.

Selain berbagai aplikasi Bahasa Jepang yang tersedia, Anda juga dapat menggunakan kecerdasan buatan seperti ChatGPT untuk membantu Anda belajar Bahasa Jepang dengan cepat dan efisien.

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment