Perbandingan Samsung Galaxy Watch 6 dan Samsung Galaxy Watch 5

samsung galaxy watch 6

Samsung kembali mencoba keberuntungannya dengan smartwatch Wear OS yang tidak mengenal batas untuk menantang Apple Watch.

Yang terbaru dari raksasa Korea Selatan ini adalah Samsung Galaxy Watch 6, yang mungkin tidak terlihat luar biasa dengan desainnya yang repetitif, tetapi perubahan di balik bodinya yang ramping sangat berarti.

Sementara Galaxy Watch 6 Classic dengan potongan dan bezel yang berputar mendapat sorotan, Galaxy Watch 6 versi reguler juga menawarkan sejumlah peningkatan dengan harga yang lebih terjangkau.

Layarnya lebih besar dan lebih padat piksel, prosesor di dalamnya lebih cepat, kapasitas memori bertambah, dan kapasitas baterainya juga meningkat.

Semua perubahan ini sangat nyaman, dan ditambah dengan beberapa trik kesehatan dari sisi perangkat lunak yang akan meningkatkan pengalaman menggunakan smartwatch ini.

Tapi apakah perbedaannya cukup besar untuk membuat Anda memutuskan untuk mengganti Samsung Galaxy Watch 5 Anda?

Berikut adalah perbandingan rinci antara Galaxy Watch 6 dan Galaxy Watch 5 untuk membantu Anda memutuskan apakah sudah saatnya untuk mengupgrade.

Spesifikasi Samsung Galaxy Watch 6 vs Galaxy Watch 5

SpesifikasiSamsung Galaxy Watch 6Samsung Galaxy Watch 5
LayarSapphire Crystal
Super AMOLED, Full Color Always On Display
44mm: 1.5-inch (37.3mm) 480 x 480 pixels
40mm: 1.3-inch (33.3mm) 432 x 432 pixels
Sapphire Crystal
Super AMOLED, Full Color Always On Display
44mm: 1.4-inch (34.6mm) 450 x 450 pixels
40mm: 1.2-inch (30.4mm) 396 x 396 pixels
ProsesorSamsung Exynos W930 Dual-Core 1.4GHZSamsung Exynos W920 Dual-Core 1.18GHz
RAM2GB1.5GB
Penyimpanan16GB16GB
Baterai44mm: 425mAh
40mm: 300mAh
44mm: 410mAh
40mm: 284mAh
Dimensi dan Berat44mm: 42.8 x 44.4 x 9.0 mm, 33.3g
-40mm: 38.8 x 40.4 x 9.0 mm, 28.7g
44mm: 43.3 x 44.4 x 9.8 mm, 33.5g
40mm: 39.3 x 40.4 x 9.8 mm, 28.7g
SoftwareOne UI 5 WatchOne UI 5 Watch
SensorSamsung BioActive Sensor (Optical Heart Rate
+ Electrical Heart Signal + Bioelectrical
Impedance Analysis), Temperature Sensor,
Accelerometer, Barometer, Gyro Sensor,
Geomagnetic Sensor, Light Sensor
Samsung BioActive Sensor (Optical Heart Rate + Electrical Heart Signal + Bioelectrical Impedance Analysis), Temperature Sensor, Accelerometer, Barometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Light Sensor
KonektivitasLTE, Bluetooth 5.3, Wi-Fi 2.4+5GHz, NFC, GPS / Glonass / Beidou / GalileoLTE , Bluetooth 5.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n 2.4+5GHz, NFC, GPS / Glonass / Beidou / Galileo
Warna dan bahanArmor Aluminum case with Sport Band
44mm: Graphite, Silver
40mm: Graphite, Gold
Armor Aluminum case with Sport Band
44mm: Graphite, Sapphire, Silver
40mm: Graphite, Pink Gold, Silver
Ketahanan5ATM + IP68 / MIL-STD-810H5ATM + IP68 / MIL-STD-810H
HargaRp3.499.000Rp3.999.000

Desain Samsung Galaxy Watch 6 vs Galaxy Watch 5

Pada pandangan pertama, Galaxy Watch 5 dan pendahulunya terlihat identik. Chassis logam bulat dengan lengan yang indah melengkung, tampilan tali olahraga yang familiar, dan rangkaian sensor biometrik semuanya diwariskan dari generasi sebelumnya.

Tetapi ada beberapa perbedaan di sini. Pertama, bezelnya lebih tipis, yang memungkinkan Samsung untuk memasang layar yang sedikit lebih besar tanpa harus menyesuaikan ukuran bodi. Kedua, ada pilihan warna emas baru untuk Galaxy Watch 6.

Namun, pilihan warna kali ini lebih terbatas. Anda hanya dapat memilih antara warna graphite, silver, dan gold untuk Galaxy Watch 6, dan warna mana yang dapat Anda dapatkan akan tergantung pada seberapa fleksibel Anda dalam hal ukuran.

Warna silver hanya tersedia pada Watch 6 versi 40mm tahun ini, sementara emas baru hanya eksklusif untuk versi 40mm yang lebih kecil. Galaxy Watch 5 tersedia dalam variasi graphite dan silver untuk kedua ukuran, ditambah dengan varian sapphire untuk versi 44mm dan pink gold untuk Watch 5 versi 40mm.

Samsung tidak menambahkan fitur khusus apa pun pada ketahanan Galaxy Watch 6 karena tetap mempertahankan level ketangguhan MIL-STD-810H seperti pendahulunya. Bangunan ini sekali lagi memiliki sertifikasi IP68 dengan ketahanan air 5ATM, sementara bahan pilihan – aluminium lapisan pelindung untuk casing – juga digunakan kembali.

Samsung mengatakan smartwatch terbarunya ini dapat bertahan dalam keadaan terendam hingga 50 meter selama waktu puncak 10 menit di bawah air – atau hingga 30 menit jika kedalaman tidak melebihi 1,5 meter.

Dalam hal kustomisasi, Samsung memperkenalkan tali baru, termasuk gaya tali kain segar. Digabungkan dengan model klasik, Samsung menawarkan lebih dari 700 kombinasi tali jam tangan dan casing. Kedua jam tangan ini juga menggunakan ukuran tali standar 20mm.

Perusahaan ini juga memiliki trik lain tahun ini dengan desain “one-click” baru untuk tali jam tangan. Ini membuatnya hampir tanpa usaha untuk mengganti tali dengan tali yang berbeda ketika Anda ingin mengubah tampilan.

Sistem lampiran ini merupakan bagian dari tali, bukan jam tangan, jadi tali one-click baru masih bisa digunakan dengan model Galaxy Watch lama (dan tali lama masih dapat dipasang pada Galaxy Watch 6).

Tali yang disertakan dengan Galaxy Watch 6 tentu saja menggunakan desain baru ini, tetapi Anda tidak perlu memiliki Galaxy Watch 6 untuk memanfaatkan mekanisme one-click yang baru.

Kedua jam tangan ini memiliki desain yang sangat mirip secara keseluruhan, jadi dalam hal ini bisa dikatakan seimbang.

Tampilan Samsung Galaxy Watch 6 vs Galaxy Watch 5

Galaxy Watch 6, sama seperti pendahulunya, hadir dalam dua ukuran: 40mm dan 44mm. Tetapi berkat bezel yang lebih tipis, area tampilan aktif telah meningkat hingga 20%. Dan dengan peningkatan ini, resolusi layar juga meningkat.

Versi 44mm dari Galaxy Watch 6 menawarkan layar 1,5 inci dengan resolusi 480 x 480 piksel yang lebih tinggi, sementara Galaxy Watch 5 menggunakan layar AMOLED 1,4 inci yang lebih kecil dengan resolusi 450 x 450 piksel.

Beralih ke versi 40mm, Anda mendapatkan tampilan OLED 1,3 inci (432 x 432 piksel) pada Galaxy Watch 6. Di sisi lain, varian 40mm Galaxy Watch 5 memiliki layar yang lebih kecil, yaitu 1,2 inci (396 x 396 piksel). Samsung tetap menggunakan kaca safir untuk perlindungan pada kedua generasi ini.

Namun, ada satu peningkatan penting. Kecerahan pada Galaxy Watch 6 dapat mencapai 2.000 nits, dua kali lipat dari kecerahan Galaxy Watch 5. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk berinteraksi dengan konten di layar pada smartwatch baru ini di bawah sinar matahari langsung tanpa harus khawatir melihatnya melalui bayangan dan pantulan.

Sangat mudah untuk dilihat bahkan di bawah sinar matahari langsung, jadi jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, hal ini sendiri sudah cukup untuk membuat Watch 6 menjadi pilihan yang baik dibandingkan dengan model tahun lalu.

Samsung juga telah meningkatkan gestur pada Galaxy Watch 6, memungkinkan pengguna untuk mengatur pintasan yang memungkinkan mereka mengakses aplikasi dan fungsi penting dengan mudah. Untuk memaksimalkan bezel yang 30% lebih tipis, ada juga gerakan baru untuk menyoroti keuntungan dari layar yang lebih besar.

Galaxy Watch 6 menawarkan peningkatan yang berarti, termasuk layar yang lebih besar dan kecerahan yang jauh lebih baik. Sehingga boleh dikatakan Galaxy Watch 6 memenangkan hal ini.

Perangkat Keras Internal Samsung Galaxy Watch 6 vs Galaxy Watch 5

Samsung tidak hanya melengkapi Galaxy Watch 6 dengan prosesor yang lebih cepat, tetapi juga meningkatkan kapasitas RAM. Galaxy Watch 6 menggunakan prosesor Exynos W930 dual-core buatan sendiri yang berkecepatan 1,4GHz.

Sedangkan pendahulunya dilengkapi dengan chip Exynos W920 yang berkecepatan 1,18 GHz. Kapasitas RAM standar pada Galaxy Watch 6 adalah 2GB, sementara seri Galaxy Watch 5 terbatas pada 1,5GB memori dinamis.

Meskipun peningkatan ini terlihat sederhana di atas kertas, aplikasi terbuka lebih cepat dan notifikasi bergulir dengan lancar untuk pengalaman pengguna yang alami dan mudah.

Samsung juga meningkatkan konektivitas Bluetooth, menambahkan dukungan Bluetooth v5.3 ke Galaxy Watch 6, sementara Galaxy Watch 5 terbatas pada standar v5.2 yang lebih lama. Namun, sensor-sensor tetap identik.

Antara Galaxy Watch 5 dan model penerusnya, terdapat sensor suhu, akselerometer, barometer, giroskop, sensor geomagnetik, dan sensor cahaya. Peningkatan yang lebih maju adalah sensor Samsung BioActive yang dapat mengukur detak jantung, sinyal jantung listrik, dan impedansi bioelektrik.

Meskipun sensor tidak berubah, peningkatan signifikan pada prosesor dan RAM membantu Galaxy Watch 6 memenangkan putaran ini.

Baterai Samsung Galaxy Watch 6 vs Galaxy Watch 5

Salah satu peningkatan yang lebih berarti pada Galaxy Watch 6 adalah baterai yang lebih besar. Dibandingkan dengan baterai Galaxy Watch 5 dengan kapasitas 284mAh (model 40mm) dan 410mAh (trim 44mm), Samsung telah memasang baterai 300mAh (versi 40mm) dan 425mAh (varian 44mm) di dalam Galaxy Watch 6.

Namun, meskipun peningkatan kapasitas baterai, material resmi Samsung mengklaim daya tahan baterai selama 40 jam, sementara dengan mode layar selalu aktif, angka tersebut turun menjadi 30 jam.

Hal ini tidak terlalu banyak peningkatan dibandingkan dengan Galaxy Watch 5, dan pada pandangan pertama, tampaknya prosesor yang lebih cepat dan layar yang lebih besar menjadi penyebabnya.

Namun, tampaknya Samsung memenuhi klaimnya tahun ini, karena pengujian kami menunjukkan bahwa Galaxy Watch 6 memberikan daya tahan baterai yang jauh lebih baik dari pendahulunya.

Dalam penggunaan praktis, Watch 5 jauh dari perkiraan Samsung, tetapi Watch 6 baru mampu bertahan dalam sehari yang sangat aktif dengan tingkat daya baterai yang masih mencapai 60% hingga 70% – dan itu dengan layar selalu aktif diaktifkan.

Pada batas atas, Anda mungkin dapat menggunakan jam tangan selama sekitar 48 jam dengan sekali pengisian, termasuk pelacakan tidur selama dua malam, hal ini cukup mengesankan mengingat bahwa Watch 5 bahkan tidak bisa bertahan hingga sebagian dari hari kedua tanpa pengisian ulang.

Sayangnya, tidak ada peningkatan yang nyata dalam kecepatan pengisian, meskipun. Galaxy Watch 6 masih bergantung pada standar pengisian nirkabel berbasis WPC yang sama dengan Galaxy Watch 5.

Artinya, Anda masih memerlukan puck pengisian yang disediakan atau alas pengisian yang kompatibel untuk mengisi daya baterai smartwatch. Bahkan dengan ponsel Samsung yang mendukung pengisian nirkabel di tangan Anda, Anda tidak dapat menggunakannya untuk mengisi daya baterai Galaxy Watch 6 secara nirkabel.

Meskipun kapasitas baterai meningkat secara relatif kecil, Samsung berhasil mencapai efisiensi daya yang luar biasa tahun ini, yang secara signifikan meningkatkan daya tahan Galaxy Watch 6 dibandingkan dengan pendahulunya.

Pemantauan Kesehatan Samsung Galaxy Watch 6 vs Galaxy Watch 5

Seperti yang disebutkan di atas, tidak ada peningkatan teknis pada perangkat keras pemantauan. Tetapi itu tidak berarti Galaxy Watch 6 kekurangan fitur.

Smartwatch ini mendukung pelacakan tidur, pengukuran detak jantung, deteksi jatuh, pemantauan suhu, analisis saturasi oksigen darah, penilaian tingkat stres, pemantauan tekanan darah, pengukuran kehilangan keringat, pengukuran EKG, dan lain-lain.

Smartwatch ini juga dapat mendeteksi irama jantung yang tidak teratur, yang bisa menjadi tanda komplikasi jantung serius seperti AFib. Dan berkat fitur Thermo Check, smartwatch ini dapat menggunakan kemampuan penginderaan inframerahnya untuk mengukur suhu air sebelum Anda berenang, suhu makanan Anda, dan lainnya tanpa kontak fisik.

Lebih lanjut, Samsung memperkenalkan sistem analisis Skor Tidur baru pada Galaxy Watch 6 yang menganalisis metrik seperti waktu tidur dan terjaga, pemulihan fisik dan mental, dan siklus tidur, antara lain.

Fitur Sleep Coaching yang diperbarui akan memberikan umpan balik bermakna kepada pengguna tentang kualitas tidur mereka setiap pagi. Ada juga fitur konsistensi tidur yang memungkinkan pengguna memantau seberapa konsisten slot tidur dan bangun mereka.

Samsung juga meningkatkan fitur Pelatihan Tidur, yang menawarkan panduan langkah demi langkah yang disesuaikan untuk pengguna tentang bagaimana meningkatkan kebiasaan tidur mereka.

Setelah diaktifkan, langkah-langkah yang diambil termasuk mengaktifkan mode tidur pada jam tangan, serta ponsel terhubung, mengubah pengaturan perangkat rumah pintar, mengurangi kecerahan layar, dan lainnya.

Untuk sisi kebugaran, ada fitur Zona Detak Jantung yang Dipersonalisasi yang memungkinkan pengguna menentukan tingkat intensitas latihan berdasarkan kemampuan fisik mereka. Untuk penggemar lari, sistem Track Run yang baru diperkenalkan akan mencatat secara komprehensif riwayat berlari mereka.

Semuanya terdengar hebat, tetapi ada juga argumen bahwa Galaxy Watch 5 akan segera melihat sebagian besar (jika tidak semua) perubahan ini di masa mendatang dalam pembaruan perangkat lunak. Watch 6 mungkin memiliki lebih banyak fungsionalitas sejak awal, tetapi Watch 5 tidak akan jauh tertinggal.

Harga dan Ketersediaan Samsung Galaxy Watch 6 vs Galaxy Watch 5

Samsung Galaxy Watch 5 dimulai dari $280 untuk varian 40mm tanpa konektivitas seluler, sementara versi LTE memiliki harga dasar mulai dari Rp3.499.000.

Untuk Galaxy Watch 6, Samsung meminta setidaknya $300 untuk versi hanya dengan Bluetooth, sementara varian siap LTE akan menghabiskan setidaknya Rp3.999.000.

Pemenangnya Adalah…

Galaxy Watch 6 mungkin tidak terlihat seperti peningkatan material yang signifikan dibandingkan dengan Galaxy Watch 5, terutama karena penampilannya yang hampir identik, tetapi ada banyak perubahan di baliknya yang membuatnya menjadi produk yang jauh lebih baik secara nyata.

Layar yang lebih terang dan sekarang dapat menampung lebih banyak konten berkat bezel yang lebih tipis. Prosesornya lebih cepat, dan berkat peningkatan kapasitas RAM, pengalaman multitasking juga akan lebih lancar.

Baterai yang lebih besar, dikombinasikan dengan janji Samsung tentang konsumsi daya yang lebih rendah, tentu merupakan langkah yang baik untuk smartwatch apa pun di luar sana, dan itu membuat perbedaan yang cukup besar dalam hal praktis.

Samsung juga telah meningkatkan kemampuan terkait tidur dan kebugaran dengan menambahkan beberapa fitur baru, yang juga merupakan perubahan yang disambut dengan baik.

Tetapi bagaimana jika Anda sudah memiliki Galaxy Watch 5? Anda mungkin bisa memilih salah satu dari keduanya. Pengalaman utama pada Galaxy Watch 6 sama, hanya lebih cepat, dengan layar yang lebih mudah digunakan.

Jadi sebetulnya, dari sisi pemenang, bisa jadi Samsung Galaxy Watch 6 memenangkannya. Namun tentu dengan skor tipis saja.

Jadi buat yang mau melakukan upgrade, ada baiknya tunggu saja hingga Samsung Galaxy Watch 7 mendatang.

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment