Pengertian Battle Royale, Genre Game Populer Lintas Platform

battle royale
PUBG Mobile, salah satu game battle royale yang populer.

Dalam dunia permainan video, genre battle royale telah muncul sebagai fenomena global yang mengguncang industri gaming. Dimulai sebagai mode permainan tambahan, kini battle royale telah menjadi genre tersendiri yang mendominasi pasar dan menyita perhatian jutaan pemain di seluruh dunia.

Artikel ini akan mengulas dengan mendalam tentang apa itu battle royale game, sejarah perkembangannya, elemen utama yang membedakannya dari genre lain, popularitasnya, serta dampaknya terhadap industri game dan komunitas gamer.

Apa itu Battle Royale Game?

Battle royale adalah genre game yang menempatkan pemain dalam arena pertempuran besar, di mana mereka bertarung untuk menjadi satu-satunya pemain yang bertahan hidup.

Biasanya, pemain akan dilemparkan ke dalam map yang luas, dan mereka harus mencari senjata dan peralatan untuk bertahan hidup sambil menghadapi pemain lain yang memiliki tujuan yang sama. Pertandingan berlangsung hingga hanya satu pemain atau satu tim yang tersisa.

Sejarah Perkembangan

Konsep battle royale pertama kali muncul dalam bentuk film Jepang tahun 2000 berjudul “Battle Royale” yang diadaptasi dari novel karya Koushun Takami. Film tersebut mengisahkan tentang sekelompok siswa yang dipaksa untuk bertempur hingga mati hingga hanya ada satu yang selamat.

Namun, genre battle royale dalam dunia gaming baru mencuat pada akhir tahun 2010-an. Pada tahun 2012, modder bernama Brendan “PlayerUnknown” Greene menciptakan mod untuk permainan populer Arma 2 yang kemudian dikenal sebagai PlayerUnknown’s Battle Royale.

Mod ini menjadi sangat populer, dan Greene kemudian berkolaborasi dengan tim pengembang Bluehole Inc. untuk menciptakan “PlayerUnknown’s Battlegrounds” (PUBG), yang dirilis pada tahun 2017.

PUBG menjadi game battle royale pertama yang meraih popularitas dunia dan meletakkan dasar bagi perkembangan genre ini.

Elemen Utama Battle Royale Game

  1. Peta (Map): Peta dalam battle royale biasanya sangat luas dan beragam, mencakup daerah perkotaan, pedesaan, dan berbagai jenis lingkungan. Pemain harus menjelajahi peta ini untuk mencari sumber daya dan mencari tempat yang aman.
  2. Drop-in/Drop-out: Setiap pertandingan dimulai dengan pemain melompat dari pesawat atau objek terbang lainnya ke peta. Mereka bebas memilih tempat untuk mendarat, yang mempengaruhi strategi awal dan kemungkinan bertemu pemain lain.
  3. Loot (Harta Karun): Pemain harus mencari senjata, peralatan, dan perbekalan lain di sekitar peta. Tingkat keberuntungan dan kecepatan dalam menemukan loot dapat mempengaruhi kelangsungan hidup mereka di pertempuran.
  4. Zona Berbahaya: Area peta yang aman akan terus menyusut seiring berjalannya waktu, mengharuskan pemain untuk terus bergerak menuju zona aman untuk menghindari kerusakan akibat zona berbahaya.
  5. Bertahan Hidup: Tujuan utama pemain adalah bertahan hidup dan menjadi yang terakhir atau tim terakhir yang selamat di pertandingan.
  6. One Life Only: Sebagian besar battle royale game mengikuti aturan “one life only”, di mana pemain yang tewas tidak dapat kembali ke pertandingan hingga pertandingan berikutnya.

Popularitas Battle Royale Game

Ketertarikan pada battle royale berkembang pesat berkat fenomenalnya PUBG, yang kemudian diikuti oleh game populer lainnya seperti “Fortnite” dan “Apex Legends”. Fenomena ini tidak hanya melibatkan pemain reguler, tetapi juga mencuri perhatian streamer dan content creator, yang menarik jutaan penonton setiap harinya.

Dampak Terhadap Industri Game dan Komunitas Gamer

Popularitas battle royale game telah mengubah lanskap industri game secara menyeluruh. Banyak pengembang game besar dan kecil berlomba-lomba untuk menciptakan game battle royale mereka sendiri.

Selain itu, model bisnis free-to-play dengan pembelian dalam permainan (in-game purchases) menjadi standar di genre ini, menghasilkan pendapatan yang luar biasa bagi para pengembang.

Komunitas gamer juga berperan penting dalam pertumbuhan battle royale game. Turnamen, acara esports, dan konten kreator memperkuat ikatan antara pemain dan game mereka.

Mode permainan khusus, update konten, dan cross-platform play juga menjadi bagian integral dari upaya pengembang untuk menjaga game tetap segar dan menarik.

Kesimpulan

Battle royale game telah membawa revolusi dalam industri permainan video, menarik perhatian jutaan pemain di seluruh dunia. Konsep bertahan hidup yang menegangkan dan adrenalin permainan membuat genre ini tetap relevan dan menarik bagi para pecinta game.

Dengan dukungan komunitas yang kuat dan terus berkembangnya teknologi, battle royale game akan terus menjadi salah satu genre terpopuler dalam dunia gaming.

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment