Pemanggang Roti: Cara Kerja, Merek, dan Harganya

pemanggang roti toaster

Jika Anda merupakan orang yang kerap ketinggalan sarapan, alangkah lebih baik mempertimbangkan alat ini di rumah: pemanggang roti.

Pemanggang roti memang kurang populer di Indonesia. Sebab roti bukanlah makanan pokok di Indonesia. Namun di kota-kota besar, penggunaan alat ini mulai marak.

Sebab Anda hanya perlu mengeluarkan roti tawar potong dari bungkusnya, kemudian memasukkannya ke celah pemanggang, dan dalam sekejap roti bakar hangat sudah siap.

Mengenal Pemanggang Roti

Pemanggang roti, juga dikenal sebagai toaster, adalah alat elektronik yang dirancang khusus untuk memanggang roti dengan cepat dan merata.

Pemanggang roti bekerja dengan menggunakan elemen pemanas yang terpasang di dalamnya. Elemen pemanas ini akan memanaskan roti yang diletakkan di dalamnya melalui proses konduksi panas, sehingga roti menjadi garing dan berwarna kecokelatan sesuai dengan preferensi pengguna.

Cara Kerja

Ada beberapa elemen dalam pemanggang roti yang membuatnya bisa memanggang roti dengan baik.

Berikut mekanisme sederhana dari cara kerja pemanggang roti yang umum dipakai.

Pertama, pemanggang roti harus terhubung ke sumber daya listrik agar elemen pemanas bisa berfungsi.

Roti dimasukkan ke dalam slot pemanggang yang berbentuk horizontal. Slot ini akan menahan roti agar tetap berada di antara dua elemen pemanas.

Ketika pemanggang dihidupkan, aliran listrik mengalir melalui kawat resistif yang ada di dalam elemen pemanas.

Ketika listrik mengalir melalui kawat resistif, ia menghasilkan panas sebagai efek dari resistansi listrik pada kawat tersebut.

Panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas ditransfer melalui konduksi panas ke permukaan roti yang berada di antara kedua elemen pemanas. Roti akan menyerap panas tersebut, sehingga suhu roti naik.

Proses pemanggangan akan berlangsung selama beberapa saat, tergantung pada tingkat kecokelatan yang diinginkan. Beberapa pemanggang roti dilengkapi dengan pengatur suhu atau waktu pemanggangan untuk menghasilkan roti yang sesuai dengan preferensi pengguna.

Beberapa pemanggang roti memiliki fitur tambahan, seperti rak untuk melelehkan mentega atau menyajikan selai pada roti yang sudah dipanggang.

Setelah proses pemanggangan selesai, pemanggang roti akan mati secara otomatis atau memiliki indikator bahwa roti sudah siap.

Lalu, berikut cara memanggang roti dengan toaster.

  1. Pastikan pemanggang roti terhubung dengan sumber listrik dan bersih dari kotoran sebelum digunakan.
  2. Letakkan potongan roti ke dalam slot pemanggang pada posisi yang diinginkan.
  3. Beberapa pemanggang roti dilengkapi dengan pengatur tingkat kecokelatan roti. Pengguna dapat mengatur tingkat ini sesuai dengan selera untuk mendapatkan hasil pemanggangan yang diinginkan.
  4. Nyalakan pemanggang roti dengan menekan tombol on/off atau mengatur pengaturan suhu sesuai model pemanggang.
  5. Biarkan roti dipanggang selama beberapa saat sesuai dengan tingkat kecokelatan yang diinginkan. Setelah selesai, pemanggang akan secara otomatis mati atau ada indikator bahwa roti sudah siap. Ambil roti dengan hati-hati menggunakan pegangan yang aman.

Merek dan Harga Pemanggang Roti

Ada banyak merek pemanggang roti yang populer dan berkualitas. Namun di pasaran, Anda bakal disajikan dengan dua jenis pemanggang roti.

Yang pertama adalah model toaster, dimana Anda memasukkan roti kedalam lubang yang disediakan. Kemudian ada sandwich maker, yang menjepit roti kedalam pemanas

Sekadar informasi, kita sedang membahas pemanggang roti yang pertama alias toaster.

Pada harga sekitar Rp200 ribuan bahkan kurang, ada banyak merek yang kurang dikenal, seperti Sonifer yang menawarkan Sonifer SF6007 dengan harga Rp160 ribuan.

Ada juga Dorahomi dengan harga yang tak terpaut jauh dari Sonifer. Advance T8866 juga menawarkan harga yang sama.

Di harga teratas, kita bisa mendapatkan DeLonghi dengan harga Rp2 jutaan. Namun Anda juga bisa mendapatkan harga pertengahan, sekitar Rp700 ribuan dengan membeli toaster merek Oxone.

Pertarungan sengit pada harga terjadi di lini tengah di rentang harga yang ditawarkan Oxone tadi. Ada Electrolux, Pensonic, QCooker, dan masih banyak lagi.

Untuk harga ini, silakan tentukan budget tertinggi Anda dalam membeli pemanggan roti. Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment