5 Cara Mendapat Penghasilan di TikTok

mendapat penghasilan di TikTok

TikTok telah merevolusi cara kita mengonsumsi dan menciptakan konten. Dan di platform ini Anda bisa mendapat penghasilan di TikTok.

Apa yang dulunya hanya merupakan platform untuk video-viral, kini telah berkembang menjadi peluang menguntungkan bagi para pembuat konten untuk menghasilkan uang.

Di artikel ini, kami akan menjelajahi enam cara untuk mengubah video TikTok Anda menjadi sumber penghasilan.

1. Tambahkan Tautan Toko Anda di Bio Profil Anda

Sebagai pemilik bisnis atau pembuat konten, bio profil Anda berfungsi sebagai pintu gerbang bagi para pengikut untuk menjelajahi dan berinteraksi dengan merek Anda lebih jauh.

Dengan memasukkan tautan ke toko online Anda di bio Anda, Anda membuatnya lebih mudah bagi audiens Anda di TikTok untuk mengakses produk dan layanan Anda hanya dengan sekali klik.

Opsi untuk menambahkan tautan yang bisa diklik ke bio Anda hanya tersedia untuk akun bisnis. Jika Anda memiliki akun pribadi, ubahlah menjadi akun bisnis terlebih dahulu.

Caranya, pergi ke profil Anda dan ketuk tiga garis di pojok kanan atas layar. Kemudian, pergi ke Pengaturan dan privasi > Akun > Beralih ke Akun Bisnis dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan prosesnya.

Setelah Anda beralih ke akun bisnis, pergi ke profil Anda dan ketuk Edit profil. Bidang Situs Web akan terlihat di bawah Informasi Bisnis.

Namun, sebelum memungkinkan Anda menambahkan tautan ke bio Anda, TikTok terlebih dahulu meminta Anda untuk mendaftarkan bisnis Anda di platform tersebut.

Anda perlu memberikan beberapa informasi dasar tentang bisnis Anda, termasuk ID Lisensi Bisnis dan alamat, untuk berhasil mendaftarkan bisnis Anda dengan TikTok. Setelah itu selesai, cukup tempelkan URL di bidang Situs Web dan ketuk Simpan.

Jika Anda tidak bisa mengakses bidang Situs Web bahkan setelah beralih ke akun bisnis, mungkin ada alasan lain mengapa Anda tidak dapat menempatkan tautan di bio TikTok Anda, seperti jumlah pengikut yang sedikit atau pembatasan wilayah.

2. Terima Hadiah Virtual dari Pengikut Anda

TikTok menawarkan para pembuat konten peluang fantastis untuk menghasilkan uang dengan menerima hadiah virtual berupa berlian dari pengikut mereka.

Hadiah virtual ini dapat diterima melalui dua saluran: Hadiah LIVE selama siaran LANGSUNG dan Hadiah Video pada video yang Anda unggah di profil Anda. Anda dapat menarik dana dari akun TikTok Anda nanti.

Untuk memenuhi syarat menerima Hadiah LIVE dan Hadiah Video, Anda harus berusia 18 tahun atau lebih dan tinggal di daerah di mana fitur ini tersedia. Selain itu, Anda harus mematuhi kebijakan item virtual TikTok.

Proses menerima hadiah virtual ini cukup sederhana. Pengikut Anda dapat membeli koin di TikTok dan menukarkannya dengan hadiah virtual di platform tersebut.

Setelah mereka mendapatkan hadiah, mereka dapat mengetuk tombol Hadiah di bagian bawah siaran langsung atau unggahan video Anda untuk mengirimkan hadiah virtual kepada Anda sebagai bentuk apresiasi atas konten Anda. Hadiah-hadiah ini akan secara otomatis dikonversi menjadi berlian.

Anda dapat dengan mudah melihat jumlah berlian yang Anda kumpulkan dari hadiah-hadiah virtual ini dengan pergi ke Pengaturan dan Privasi > Saldo. Di sini, Anda akan melihat saldo yang dikonversi dalam dolar AS.

Selain pemberian hadiah virtual, Anda juga dapat menghasilkan pendapatan bulanan melalui Langganan LANGSUNG di TikTok, di mana pengikut dapat membayar biaya untuk berlangganan siaran langsung Anda.

Untuk mendorong pemberian hadiah virtual, penting bagi Anda untuk aktif berinteraksi dengan audiens Anda, berterima kasih kepada mereka atas hadiah virtual, dan secara konsisten menyediakan konten berkualitas.

3. Terima Tips dari Pengikut Anda

Sebagai pembuat konten di TikTok, Anda juga dapat menghasilkan uang dari konten Anda dengan menerima tips langsung dari penonton Anda.

TikTok telah bekerja sama dengan penyedia pembayaran pihak ketiga, Stripe, untuk memproses pembayaran ini, memastikan proses transaksi yang lancar dan aman bagi para pembuat konten dan penonton.

Agar memenuhi syarat menerima tips di TikTok, Anda harus memenuhi persyaratan usia dan jumlah pengikut tertentu, dan akun Anda harus dalam keadaan baik dengan TikTok. Selain itu, Anda harus tinggal di wilayah di mana fitur Tips tersedia.

Untuk mendaftar menerima tips di TikTok, pergi ke halaman Profil TikTok Anda dan ketuk tiga garis di pojok kanan atas. Pilih Alat Kreator > Tips > Ajukan dan ikuti petunjuk di layar. Jika Anda belum mengatur akun di Stripe, Anda akan diarahkan ke situs web mereka untuk menyelesaikan prosesnya.

Setelah disetujui, Anda akan memiliki akses ke dasbor Tips Anda, di mana Anda dapat melihat tips yang Anda terima dari penonton Anda.

Penting untuk dicatat bahwa tips Anda mungkin membutuhkan waktu hingga 24 jam untuk muncul di akun Stripe Anda. Stripe akan memproses tips Anda dan secara otomatis menyetorkannya ke rekening bank yang ditentukan mingguan.

4. TikTok Shopping

TikTok Shopping adalah fitur yang kuat yang memungkinkan pembuat konten dan bisnis menjual produk atau layanan langsung di aplikasi.

Penjual dan merek dapat membuka toko di profil mereka, menampilkan produk mereka kepada audiens yang luas.

Dengan menjual langsung di TikTok, bisnis dapat memanfaatkan basis pengguna yang aktif di platform ini untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Pembuat konten, di sisi lain, dapat memanfaatkan TikTok Shopping dengan bekerja sama dengan merek dan menambahkan tautan produk ke siaran LANGSUNG dan video mereka.

Dengan mempromosikan produk yang sejalan dengan niche dan audiens mereka, pembuat konten dapat mendapatkan komisi dari penjualan yang dihasilkan melalui tautan rujukan mereka.

Program afiliasi ini juga bermanfaat bagi penjual yang mendapatkan peningkatan penjualan dan pendapatan.

5. Bergabung dengan Program TikTok Creator Fund

Program TikTok Creator Fund adalah inisiatif yang menguntungkan yang dirancang untuk merayakan dan mendukung para pembuat konten atas konten mereka di platform ini.

Dengan berpartisipasi dalam program ini, para pembuat konten dapat menghasilkan uang berdasarkan kualitas dan keterlibatan video TikTok mereka. Dana ini tersedia untuk para pembuat konten di AS, Inggris, Jerman, Italia, Prancis, dan Spanyol.

Agar memenuhi syarat untuk Program TikTok Creator Fund, Anda harus berusia 18 tahun atau lebih, memiliki setidaknya 10.000 pengikut yang autentik, dan mengumpulkan setidaknya 100.000 tampilan video autentik dalam 30 hari terakhir.

Selain itu, video Anda harus sejalan dengan Pedoman Komunitas dan Persyaratan Layanan TikTok, memastikan keaslian dan kepatuhan terhadap standar platform ini.

Anda dapat mendaftar ke TikTok Creator Fund langsung di dalam aplikasi. Dana yang diperoleh melalui Program TikTok Creator Fund dihitung berdasarkan beberapa faktor, termasuk tampilan video, keterlibatan, dan kepatuhan terhadap pedoman TikTok.

Anda dapat mengakses dana ini melalui Dasbor TikTok Creator Fund di pengaturan profil Anda.

Kesimpulan

TikTok telah bertransformasi menjadi platform yang berkembang pesat di mana kreativitas tidak hanya menghibur tetapi juga menghasilkan pendapatan.

Dengan beragam cara untuk menghasilkan uang, pembuat konten dan bisnis dapat menjadikan passion mereka sebagai sumber pendapatan yang berkelanjutan di platform ini.

Semua metode penghasilan yang dibahas dalam artikel ini memiliki persyaratan dan batasan masing-masing.

Batasan usia, jumlah pengikut minimum, dan ketersediaan di wilayah tertentu adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kelayakan pengguna untuk berpartisipasi dalam program monetisasi tertentu.

Jadi, jika Anda adalah seorang pembuat konten yang ingin menghasilkan uang dari TikTok, pilihlah strategi yang sesuai dengan situasi dan tujuan Anda.

Jika memungkinkan, gabungkan beberapa strategi ini untuk meningkatkan potensi pendapatan Anda.

Mulailah mengeksplorasi potensi monetisasi TikTok dan nikmati kesuksesan finansial dari passion Anda!

Rating Artikel

Bagikan:

Tags

tiktok

Related Post

Leave a Comment