ChatGPT Kini Hadir di Veronika Telkomsel

veronika chatgpt

Asisten virtual Veronika dari Telkomsel kini punya kemampuan baru. Telkomsel membenamkan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) ChatGPT untuk membuat Veronika jadi makin pintar.

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu B Sigit, mengatakan Veronika kini jadi lebih mahir dan alami dalam menjawab pertanyaan pelanggan Telkomsel maupun Indihome.

“Dia juga menjawab dengan lebih humanis, lebih manusiawi, sehingga pelanggan even bisa nanya Veronika suka teh atau kopi di MyTelkomsel,” kata Sigit dalam konferensi pers di Ancol, Jakarta, Jumat (21/7/2023) kemarin.

Veronika hadir di beberapa platform milik Telkomsel, seperti media sosial, web, dan aplikasi MyTelkomsel. Chatbot ini juga ada di Instagram lewat akun @hai.veronika, di mana pengguna bisa mengikuti kehidupan pribadi Veronika sebagai influencer virtual.

Meski begitu, Veronika memiliki batasan tema obrolan agar pelanggan tidak mengajaknya bicara hal lain. Vice President Home Broadband and FMC Consumer Marketing Telkomsel Dedi Suherman mengatakan pengetahuan Veronika dibatasi hanya seputar produk Telkomsel dan IndiHome.

“Seberapa dalam? Sedalam semua database yang kita miliki terkait pertanyaan itu, keluhan, pertanyaan, produk, dan lain-lain dengan human touch,” kata Dedi pada kesempatan tersebut.

Dedi menjelaskan sebelumnya pelanggan yang ingin berkomunikasi dengan Veronika harus menggunakan perintah otomatis yang sudah ada. Kini berkat bantuan ChatGPT, pelanggan bisa ngobrol lebih leluasa dengan bahasa sehari-hari.

Veronika juga akan mengingat informasi pelanggan yang menjadi lawan bicaranya, sehingga pelanggan tidak perlu menyebutkan nama atau ID berulang kali.

“Ngetik kayak kita manusia saja pakai bahasa gaul kita, dia mengerti apa action yang kita maksud sehingga membuat konsumen lebih nyaman,” pungkas Dedi.

Rating Artikel

Bagikan:

Tags

Related Post

Leave a Comment