Cara Mengunggah Foto ke Google Photos, Agar Memori Hp Tetap Lega

google photos

Google Photos adalah solusi dari Google untuk mencadangkan dan mengelola foto. Ini tidak sama dengan Google Drive atau Gmail, dan foto di platform Google lainnya tidak secara otomatis disinkronkan dengan Google Photos kecuali jika Anda mengirimnya sendiri.

Mengunggah semua foto ke Google Photos mampu membuat ruang memori hp Anda lebih lega. Karena Anda bisa menghapusnya tanpa kehilangan foto dengan resolusi yang sama. Syaratnya ya cuma terhubung ke internet untuk bisa menggunakannya.

Jika Anda menggunakan ponsel Android, kemungkinan besar Anda memiliki ponsel yang dilengkapi dengan Google Photos terinstal secara default. Sebenarnya, foto Anda secara otomatis dicadangkan ke Google Photos jika Anda memiliki aplikasi tersebut di ponsel Anda. Namun, jika Anda ingin memindahkan foto tertentu ke Google Photos, panduan ini dapat membantu Anda.

Cara Mengunggah ke Google Photos Menggunakan Aplikasi Seluler

Karena sebagian besar orang mengambil foto dan mengunduh gambar dengan ponsel mereka, pertama-tama kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengunggah foto menggunakan aplikasi Google Photos di Android dan iOS.

Mengunggah ke Google Photos di Ponsel Android

Jika Anda belum memiliki Google Photos di ponsel Anda, unduhlah dari Play Store.

Setelah itu, ikuti instruksi di bawah ini untuk mengunggah gambar ke Google Photos:

  • Ambil foto atau unduh gambar ke ponsel Anda. Jika gambar muncul di galeri media default ponsel Anda, seharusnya tidak ada masalah.
  • Buka Google Photos dan temukan gambar yang ingin Anda unggah. Google Photos juga berfungsi sebagai galeri media; Anda dapat menemukan video dan foto di ponsel Android Anda di sini.
  • Pilih gambar tersebut dan ketuk tombol pencadangan di pojok kanan atas. Tombol tersebut berbentuk awan dengan tanda panah di dalamnya. Akan muncul popup yang menampilkan proses pencadangan.

Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pencadangan otomatis dengan mengetuk foto profil Anda di pojok kanan atas dan memilih Aktifkan pencadangan atau Nonaktifkan pencadangan sesuai kebutuhan.

Cara Mengunggah ke Google Photos di iPhone

Metode di iPhone cukup mirip dengan ponsel Android. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh Google Photos dari App Store. Setelah itu, ikuti instruksi di bawah ini:

  • Buka Google Photos dan berikan izin untuk mengakses media Anda.
  • Gulir melalui gambar yang muncul hingga Anda menemukan gambar yang ingin Anda unggah.
  • Ketuk tiga titik di pojok kanan atas.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Cadangkan sekarang.
  • Tunggu hingga selesai diunggah.

iOS tidak seperti Android yang membaca semua file media di penyimpanan perangkat Anda. Anda mungkin memiliki gambar atau video di Files Anda yang tidak ada di aplikasi Photos Anda.

Jika Anda memiliki gambar di Files yang ingin Anda unggah ke Google Photos, ikuti instruksi berikut:

  • Buka Files dan temukan gambar tersebut.
  • Ketuk ikon Bagikan, gulir ke bawah, dan pilih Simpan Gambar.
  • Buka Google Photos dan ikuti instruksi di atas.

Berkat solusi lintas platform dari Google, Anda dapat menggunakan Google Photos untuk mencadangkan foto daripada iCloud. Namun, Anda tidak dapat menggunakan iCloud untuk mencadangkan foto di ponsel Android (tetapi Anda dapat mengakses iCloud Anda di ponsel Android).

Oleh karena itu, jika pengunggahan foto lintas platform penting bagi Anda, sebaiknya Anda tetap menggunakan Google Photos di semua perangkat Anda.

Cara Mengunggah ke Google Photos di Browser Anda

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi apa pun, atau jika Anda lebih suka mengunggah foto ini melalui komputer, Anda dapat menggunakan browser. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi Google Photos di browser dan masuk.
  • Klik Unggah di pojok kanan atas halaman.
  • Pilih Komputer dan pilih file yang ingin Anda unggah.
  • Pilih gambar untuk diunggah ke Google Photos dari Finder di macOS
  • Akan muncul popup di pojok kiri bawah, menunjukkan kemajuan pengunggahan.
  • Anda juga dapat mengunggah dari iCloud dengan memilih Unggah > Transfer dari koleksi foto > iCloud. Dan Anda dapat membalikkannya dengan mentransfer gambar dari Google Photos ke iCloud.

Selain itu, Anda dapat mencadangkan (atau mengunggah) semua gambar dan file lainnya di komputer Anda dengan mengklik Unggah > Cadangkan dari komputer Anda. Ini akan membawa Anda ke tempat Anda dapat menginstal Google Drive di komputer Anda. Anda dapat membaca cara melakukannya di bagian berikutnya.

Cara Mengunggah ke Google Photos dari Google Drive dan Gmail

Seperti yang telah kami sebutkan, unggahan Google Drive dan gambar Gmail tidak secara otomatis pindah ke Google Photos. Namun, Anda dapat memindahkannya sendiri.

Cara Mengunggah ke Google Photos dari Google Drive

Gunakan browser Anda untuk mengimpor dari Google Drive melalui situs web Google Photos dengan mengklik Unggah > Google Drive. Namun, tidak ada cara langsung untuk mentransfer dari Google Drive di web ke Google Photos.

Jika Anda harus melakukannya di ponsel Anda, Anda dapat mengunduh gambar dari aplikasi Google Drive, menyimpannya di rol kamera Anda, dan biarkan aplikasi Google Photos membacanya. Buka Google Photos, temukan gambar tersebut, lalu pilih Cadangkan sekarang dengan mengetuk ikon awan.

Jika Anda ingin video dan foto Anda secara otomatis disinkronkan dengan Google Photos, Anda harus mengunduh aplikasi Google Drive untuk sistem operasi Anda.

Berikut adalah cara mengatur hal itu:

  • Setelah Anda memiliki aplikasi tersebut, buka dan klik roda gigi.
  • Pilih Preferensi dan pilih My MacBook (Mac) atau My Computer (Windows).
  • Klik Tambahkan folder untuk memilih folder di mana gambar dan video Anda saat ini berada (atau akan berada).
  • Pilih Buka, pilih Cadangkan ke Google Photos (Anda mungkin ingin tidak memilih opsi Sinkronkan dengan Google Drive), dan klik Selesai.
  • Aplikasi Google Drive macOS menampilkan opsi untuk mencadangkan ke Google Photos
  • Klik Simpan.
  • Sekarang, setiap video atau gambar dalam folder itu akan secara otomatis dicadangkan ke Google Photos Anda.

Cara Mengunggah ke Google Photos dari Gmail

Di sisi lain, Anda dapat mentransfer gambar dari Gmail ke Google Photos dengan memilih gambar tersebut, mengklik tiga titik di pojok kanan atas saat membuka pratinjau, dan memilih Simpan ke Google Photos (cara ini juga berfungsi pada aplikasi seluler).

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment