Cara Menghapus Iklan di Instagram dengan Mudah

cara menghapus iklan di instagram

Ada banyak iklan di Instagram. Jika Anda terganggu, silakan simak artikel tentang cara menghapus iklan di Instagram berikut ini.

Kenapa iklan Instagram kerap mengganggu? Ya karena saat menggulir feed Anda terasa seperti melewati berbagai billboard di jalan raya atau menonton TV kabel karena terlalu banyaknya iklan di Instagram.

Jika Anda lelah menggulir iklan yang mengganggu di Instagram, jangan khawatir. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menghentikan iklan tertentu di Instagram.

Cara Mengidentifikasi Iklan di Instagram

Iklan di Instagram muncul di feed utama dan dalam Stories, dengan label Sponsored di bagian atas postingan, di bawah nama merek.

Iklan itu termasuk tombol aksi di bagian bawah. Iklan berbayar hadir dalam berbagai jenis dan format, termasuk gambar dan video.

Mereka mendorong Anda untuk mengambil tindakan berdasarkan tujuan perusahaan untuk iklan tersebut.

Berikut adalah beberapa tindakan yang mungkin Anda lakukan:

  • Install Now untuk iklan terkait aplikasi.
  • Download untuk mengunduh apa yang diiklankan.
  • Sign Up untuk mendaftar di situs.
  • View Shop untuk menjelajahi produk di halaman Instagram Shop bisnis.
  • Shop Now untuk membeli produk yang diiklankan.
  • Learn More untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan yang diiklankan.
  • View Instagram Profile untuk melihat halaman profil bisnis.
  • Send Message untuk menghubungi bisnis.
  • Book Now untuk membuat pemesanan langsung dari feed Anda saat menemui iklan.
  • Contact Us untuk menghubungi bisnis.

Cara Menghilangkan Iklan di Instagram

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menghilangkan iklan di Instagram, ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan, seperti menyembunyikan dan melaporkan iklan tertentu, serta memblokir akun tertentu.

Namun, perlu diingat, meskipun tidak mungkin menghapus iklan di Instagram secara keseluruhan, Anda dapat membatasi atau menghilangkan iklan yang tidak relevan atau mengganggu di aplikasi setiap kali Anda melihatnya.

Ini dapat membuat perbedaan yang signifikan pada pengalaman aplikasi Anda, jadi layak untuk dicoba.

Berikut adalah cara menghilangkan iklan tertentu di Instagram.

1. Menyembunyikan Iklan Individu di Instagram

Jika Anda menemukan iklan tertentu mengganggu atau berulang-ulang, Anda dapat dengan mudah menyembunyikannya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menyembunyikan iklan di Instagram:

  1. Saat Anda melihat feed dan menemui postingan berbayar yang tidak Anda sukai, ketuk menu tiga titik di pojok kanan atas postingan.
  2. Ketuk Sembunyikan Iklan.
  3. Ketika ditanya, Mengapa Anda menyembunyikan iklan ini?, pilih opsi yang paling sesuai dari daftar yang muncul. Hal ini akan membantu Instagram memandu pengalaman iklan Anda di aplikasi ke depan.

Dengan menandainya sebagai tidak pantas atau tidak relevan, kemungkinan iklan tersebut tidak akan muncul lagi di feed Anda karena Anda dianggap bukan target audiens yang tepat untuk iklan tersebut.

Memilih opsi yang berbeda mungkin hanya akan mengurangi frekuensi kemunculannya.

Jika Anda ingin menghapus iklan dari Instagram karena melanggar standar komunitas atau iklan palsu, Anda harus menggunakan metode kedua.

2. Melaporkan Iklan di Instagram

Untuk melaporkan iklan yang Anda anggap tidak pantas atau menyesatkan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketuk menu tiga titik di pojok kanan atas postingan.
  2. Pilih Laporkan Iklan.
  3. Di bawah Mengapa Anda melaporkan iklan ini?, pilih alasan mengapa Anda melaporkan iklan tersebut dari daftar yang muncul.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak melaporkan iklan secara salah jika iklan tersebut tidak melanggar aturan atau menyesatkan pengguna.

3. Memblokir Akun Merek

Salah satu cara tambahan untuk menghilangkan iklan di Instagram adalah dengan memblokir akun merek tersebut. Berikut cara melakukannya:

  1. Ketuk nama perusahaan atau merek di bagian atas postingan berbayar. Ini akan membawa Anda ke profilnya.
  2. Klik menu tiga titik di pojok kanan atas profil.
  3. Pilih Blokir dan konfirmasikan keputusan Anda dengan menekan tombol Blokir.

Tentu saja, ini hanya akan menghapus iklan dari satu halaman, dan Anda harus mengulangi langkah ini untuk akun iklan lain yang tidak ingin Anda lihat iklannya di Instagram.

Ini efektif jika ada pengiklan tertentu yang tidak ingin Anda dengar dari dan yang tidak ingin Anda ikuti di Instagram.

4. Menonaktifkan Iklan Disesuaikan di Instagram

Iklan yang disesuaikan di Instagram dapat mengganggu karena membuat asumsi tentang Anda berdasarkan data-data tertentu.

Misalnya, jika Anda mengikuti merek pakaian plus size di Instagram, Anda mungkin mulai melihat iklan untuk aplikasi penurunan berat badan dan diet.

Jika Anda memiliki diagnosis medis, Anda mungkin juga tiba-tiba mendapatkan spam iklan yang ditujukan untuk diagnosis tersebut, beberapa di antaranya mungkin penipuan.

Jadi, untuk menghilangkan iklan yang disesuaikan di Instagram, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Instagram dan ketuk ikon profil Anda.
  2. Ketuk menu tiga garis di pojok kanan atas layar dan pilih Pengaturan dan privasi.
  3. Ketuk Pusat Akun dan pilih Preferensi Iklan > Pengaturan Iklan > Informasi Aktivitas dari Mitra Iklan > Tinjau Pengaturan.
  4. Terakhir, ketuk Tidak, jangan buat iklan saya lebih relevan dengan menggunakan informasi ini.

5. Menghapus Topik Iklan dari Preferensi Akun Anda

Metode terakhir untuk menghilangkan iklan yang mengganggu di Instagram adalah memberi tahu platform tentang topik-topik yang tidak Anda minati. Ini tidak akan menghapus semua iklan, hanya iklan yang terkait dengan topik yang Anda tentukan.

  1. Buka aplikasi Instagram, dan ketuk ikon profil Anda.
  2. Ketuk menu tiga garis di pojok kanan atas dan pilih Pengaturan dan privasi.
  3. Sekarang ketuk Pusat Akun dan pilih Preferensi Iklan, kemudian Topik Iklan.
  4. Ketuk bilah pencarian di bagian atas halaman Topik Iklan dan mulai mengetik frasa yang terkait dengan topik yang tidak ingin Anda lihat iklan tentangnya.

Cara Kerja Iklan di Instagram

Tidak jarang untuk memikirkan kapan Anda mengikuti merek yang mencoba menjual produk kepada Anda, hanya untuk menyadari bahwa Anda sedang melihat iklan berbayar bukan postingan biasa.

Tapi mengapa Instagram memiliki begitu banyak iklan?

Iklan di Instagram bekerja dengan melacak aktivitas Anda di Instagram. Ini termasuk postingan yang Anda interaksi dan bahkan orang-orang yang Anda ikuti. Namun, ini juga melibatkan Facebook.

Jika Anda menghubungkan Instagram ke Facebook, Instagram dapat menampilkan iklan berdasarkan aktivitas Facebook Anda, minat, informasi, serta postingan yang Anda buat dan interaksi dengannya.

Menghubungkan akun Instagram dan Facebook dapat menjadi gangguan. Namun, Anda dapat melepaskan keterikatan Instagram dari Facebook.

Namun, itu bukan satu-satunya cara iklan-iklan ini menemukan Anda. Instagram juga melacak aktivitas Anda di situs web, toko, dan aplikasi mitra iklannya.

Pernahkah Anda mencari sepatu Nike di situs web Nike, hanya untuk dibanjiri dengan iklan sepatu di Instagram sesaat kemudian? Itulah cara Instagram menargetkan Anda dengan iklan yang relevan.

Instagram dan mitra periklanannya kadang-kadang juga mengirimkan informasi kepada Instagram yang dapat membantu dalam menargetkan Anda, seperti informasi kontak.

Dan yang lebih penting, Anda mungkin melihat iklan berbayar yang sama berulang kali, membuatnya mengganggu dan berulang-ulang—mungkin merusak pengalaman di dalam aplikasi. Ini menjengkelkan, tetapi Instagram menyatakan bahwa pelacakan pengguna menjaga aplikasi tetap gratis.

Anda dapat mengetahui mengapa Anda melihat iklan tertentu dengan mengetuk menu tiga titik di pojok kanan atas iklan dan memilih Mengapa Anda melihat iklan ini.

Cara Melihat Informasi Iklan di Instagram

Instagram mencatat iklan yang Anda interaksi dengan di bawahPreferensi Iklan. Untuk melihat aktivitas ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketuk foto profil Anda di pojok kanan bawah untuk pergi ke profil Anda.
  2. Pilih menu tiga garis di pojok kanan atas, lalu masuk ke Pengaturan dan privasi.
  3. Ketuk Pusat Akun dan pilih Preferensi Iklan.

Aktivitas iklan terbaru akan menunjukkan aktivitas terbaru Anda berdasarkan interaksi Anda. Anda dapat memilih Topik Iklan untuk memberi tahu Instagram topik-topik yang lebih disukai Anda tidak ingin melihat iklan tentangnya, tetapi ini tidak akan menghapus iklan sama sekali—hanya iklan untuk hal-hal tertentu.

Ketuk Pengaturan Iklan dan ikuti petunjuk untuk meninjau dan memperbarui preferensi iklan Anda.

Menghilangkan Iklan di Instagram untuk Meningkatkan Pengalaman Aplikasi Anda

Meskipun tidak ada cara pasti untuk sepenuhnya dan secara permanen menghapus iklan di Instagram, metode yang disebutkan dalam artikel ini akan secara drastis mengurangi iklan yang mengganggu yang Anda lihat.

Sayangnya, ini harus dilakukan setiap kali Anda menemui iklan, karena tidak ada cara tunggal dan mudah untuk menghapus iklan di Instagram sekaligus. Namun, ini layak dilakukan jika Anda menginginkan pengalaman yang lebih tenang di aplikasi.

Penting untuk diingat bahwa Instagram adalah platform gratis yang mengandalkan iklan untuk tetap beroperasi. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mengontrol sejauh mana iklan yang Anda lihat di aplikasi tersebut.

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment