Cara Mengecek Layar Hp, AMOLED atau LCD?

layar hp

Tampilan layar, termasuk LCD (Liquid Crystal Display) dan AMOLED (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode), bisa sangat berbeda. Untuk itu, jika Anda ragu dengan layar di hp Anda, begini cara mengeceknya.

Meskipun setiap teknologi tampilan memiliki kelebihannya masing-masing, mereka memiliki fitur yang berbeda yang mungkin sesuai dengan preferensi Anda. Membedakan keduanya adalah awal dari perjalanan ini.

Berikut adalah dua cara untuk mengetahui tampilan layar yang digunakan oleh hp Anda.

Periksa Spesifikasi

Untuk mengetahui tampilan layar yang tepat pada perangkat Anda, Anda harus memeriksa spesifikasinya.

Kebanyakan perangkat dilengkapi dengan rincian perincian fitur perangkat keras dan perangkat lunak. Menemukan daftar ini bervariasi dari perangkat ke perangkat, karena ada produsen yang berbeda.

Pada beberapa hp, Anda dapat menemukan daftar spesifikasi singkat di Pengaturan, di bawah My Phone atau Tentang Ponsel.

Namun, daftar ini jarang memberikan informasi mendalam tentang tampilan layar. Anda mungkin perlu menggunakan alat diagnostik pihak ketiga. Beberapa aplikasi yang dapat memberikan gambaran lebih komprehensif tentang fitur perangkat Anda adalah AIDA64 dan Status Sistem.

Anda juga dapat mencari spesifikasi perangkat Anda secara online. Setelah Anda mengetahui model dan merek perangkat Anda yang tepat, menemukan spesifikasi lainnya akan menjadi mudah.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs web resmi produsen dan mencari model gadget yang ingin Anda ketahui di halaman produk.

Gunakan Gambar Uji

Gambar uji yang menyoroti karakteristik berbeda dari AMOLED dan LCD seringkali memiliki persegi panjang berwarna hitam, putih, dan berwarna dasar.

AMOLED memotong piksel-piksel satuan yang seharusnya muncul hitam, menghasilkan hitam yang sebenarnya dalam keadaan tidak ada cahaya.

Di sisi lain, LCD memiliki pencahayaan latar belakang yang selalu menyala, sehingga area hitam terlihat abu-abu gelap. Ini adalah tes yang sangat jelas yang dapat Anda gunakan untuk membedakan kedua teknologi ini.

Setelah Anda memperbesar gambar uji, perhatikan gambar uji dari semua sudut dan periksa kecerahan warnanya. Tampilan AMOLED cenderung memiliki kontras yang sangat tajam antara warna dibandingkan dengan LCD.

Selain itu, LCD sering mengalami pergeseran warna atau pucat ketika dilihat dari sudut ekstrim, sementara tampilan AMOLED umumnya mempertahankan akurasi warna dan kontras terlepas dari sudut pandang penonton.

Anda dapat membuat gambar uji menggunakan editor gambar gratis apa pun, seperti Canva atau Pixlr E. Buat gambar baru dan atur warna latar belakang menjadi hitam – kode hex #000000.

Kemudian, buat persegi putih – kode hex #FFFFFF – di tengah gambar. Setelah gambar uji siap, simpan sebagai file PNG untuk mempertahankan kualitas dan penampilan aslinya.

Pengecekan Layar: AMOLED atau LCD?

Dengan berbagai macam perangkat yang tersedia saat ini, mengetahui mana yang paling cocok untuk gaya hidup Anda penting. Untungnya, menentukan apakah ponsel Anda memiliki layar AMOLED atau LCD adalah hal yang mudah!

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment