Cara Mengatasi “Google Keeps Stopping” Pada Hp Android

google keeps stopping

Apakah Anda sering mengalami masalah “Google Keeps Stopping” saat menggunakan ponsel Android Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian.

Error ini sering muncul tanpa peringatan dan pesan error yang muncul biasanya tidak memberikan informasi yang jelas mengenai cara mengatasinya. Namun, jangan khawatir!

Artikel ini akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah “Google Keeps Stopping” agar Anda dapat menggunakan aplikasi Google di hp Android dengan lancar.

Kapan Error “Google Keeps Stopping” Terjadi?

Error “Google Keeps Stopping” dapat muncul secara tiba-tiba dan seringkali tidak terkait dengan aplikasi Google tertentu. Error ini biasanya disebabkan oleh layanan Google yang berjalan di latar belakang ponsel Android Anda.

Misalnya, Anda sedang bermain game ketika aplikasi cuaca mencoba untuk mengupdate, dan akhirnya muncul pesan error tersebut.

Sulit untuk menentukan dengan pasti aplikasi Google mana yang menyebabkan error ini. Namun, biasanya error ini terkait dengan Google Play Services, Play Store, atau aplikasi Google Search.

Beberapa aplikasi dan proses Google lainnya yang bertanggung jawab dalam mengelola sistem operasi Android juga dapat menyebabkan error ini.

Mengapa Google Terus Berhenti? Apa Arti dari Error Ini?

Meskipun sulit untuk menemukan penyebab pastinya, error “Google Keeps Stopping” umumnya disebabkan oleh masalah pada caching, yang menyebabkan aplikasi Google atau layanan latar belakang gagal berjalan.

Karena Google secara harfiah berhenti, tugas yang sedang dijalankan (seperti melakukan pencarian, mencari aplikasi, atau tugas lainnya) juga gagal.

Yang membuatnya rumit adalah bahwa error ini tidak terkait dengan aplikasi tertentu. Error ini muncul hanya karena aplikasi Google terus berhenti di ponsel Android. Namun, ada beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini.

1. Restart Android untuk Mengatasi Error “Google Keeps Stopping”

Kadang-kadang, error ini hanya bersifat sementara dan disebabkan oleh masalah pada aplikasi, layanan, atau sumber daya bersama tertentu.

Meskipun tidak ada cara pasti untuk mengetahui apakah ini penyebabnya, Anda dapat mencoba untuk me-restart ponsel Anda. Caranya, tekan tombol power dan ketika menu muncul, pilih opsi Restart.

2. Bersihkan Cache di Aplikasi Google

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, error “Google Keeps Stopping” disebabkan oleh masalah pada cache aplikasi. Jika memang ini penyebabnya, masalah ini dapat diatasi dengan relatif mudah.

Langkah-langkahnya sama pada ponsel Samsung, Pixel, dan perangkat lainnya, hanya saja opsi menu mungkin sedikit berbeda.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan > Aplikasi > Semua aplikasi.
  2. Gulir ke bawah dan cari Google, lalu ketuk untuk membukanya.
  3. Pilih Penyimpanan dan cache, lalu ketuk Bersihkan cache dan tunggu hingga selesai.
  4. Anda juga dapat mencoba opsi Hapus penyimpanan, yang akan mereset aplikasi. Pada layar ini, ketuk Hapus Semua Data.
  5. Setelah itu, kembali ke menu sebelumnya, lalu restart ponsel Anda.

Setelah proses ini selesai, error seharusnya sudah teratasi. Jika belum, ulangi langkah-langkah tersebut untuk Google Play Store dan Google Play Services, dan restart setelah setiap langkah hingga error teratasi.

Menariknya, walaupun OS Android umumnya jarang mengalami error, menghapus cache Android dapat membantu memperbaiki sejumlah masalah.

3. Uninstall Update Aplikasi Google

Anda tidak dapat menghapus aplikasi Google dari ponsel Anda, tetapi Anda dapat menghapus update yang telah diinstal, yang mungkin menyebabkan error ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan > Aplikasi > Semua aplikasi > Google.
  2. Di pojok kanan atas, ketuk ikon tiga titik.
  3. Ketuk Uninstall update.
  4. Pada konfirmasi yang muncul, ketuk OK.

Jika terjadi masalah dengan aplikasi Google yang terus berhenti, biasanya akan ada pembaruan yang dikeluarkan. Ketika ini terjadi, cukup kunjungi Google Play Store, cari aplikasi Google, dan ketuk Perbarui. Hal ini seharusnya dapat memperbaiki error tersebut.

4. WebView Sebagai Penyebab Error “Google Keeps Stopping”

Salah satu penyebab error “Google Keeps Stopping” lainnya adalah WebView. WebView adalah alat sistem Android yang menampilkan halaman web dan konten web di dalam aplikasi, sehingga tidak perlu membuka browser sepenuhnya. WebView kadang-kadang dapat menyebabkan masalah dan seringkali mengalami crash.

Sama seperti sebelumnya, Anda tidak dapat menghapus aplikasi WebView sepenuhnya, tetapi Anda dapat menghapus update yang telah diinstal. Ikuti langkah-langkah di atas, kali ini cari Android System WebView untuk mengembalikan update-nya.

5. Berhenti atau Uninstall Aplikasi yang Menyebabkan Masalah

Jika error ini hanya muncul saat Anda menggunakan aplikasi tertentu, Anda dapat mencoba menghapus aplikasi tersebut untuk melihat apakah hal itu membantu.

Atau, jika itu adalah aplikasi yang Anda butuhkan, Anda dapat mencoba menghentikannya terlebih dahulu:

  1. Tahan lama ikon aplikasi tersebut, baik di layar utama atau di laci aplikasi, lalu ketuk i atau pilih Info Aplikasi. 1. Alternatifnya, Anda dapat membuka Pengaturan > Aplikasi > Semua aplikasi dan ketuk aplikasi yang ingin dihentikan.
  2. Ketuk Berhentikan paksa dan konfirmasikan ketika diminta.
  3. Jika itu tidak efektif, ketuk Uninstall untuk menghapus aplikasi tersebut.

Tunggu hingga proses penghapusan aplikasi selesai sebelum melanjutkan. Anda mungkin juga perlu me-restart ponsel untuk membantu memperbaiki error “Google Keeps Stopping”. Jika error tersebut telah berhenti, maka masalah telah teratasi.

6. Update Sistem Operasi Android

Error “Google Keeps Stopping” (dan error lainnya) sebagian besar disebabkan oleh pembaruan perangkat lunak. Jika error ini baru saja terjadi, ada kemungkinan besar bahwa pembaruan sistem standar, pembaruan aplikasi, atau hotfix telah menyebabkannya.

Meskipun kami telah memberikan solusi yang dapat diterapkan di atas, biasanya error ini akan diperbaiki pada pembaruan berikutnya.

Jika ponsel Anda mendapatkan pembaruan tersebut, Anda seharusnya dapat mengunduhnya. Dan ingat, selalu perbarui ponsel Anda sesegera mungkin jika memungkinkan.

7. Factory Reset Android sebagai Pilihan Terakhir

Seperti yang sudah disebutkan, dalam kebanyakan kasus menghapus cache sudah cukup untuk mengatasi error “Google Keeps Stopping”. Namun, jika semua langkah di atas tidak berhasil, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah melakukan reset pabrik pada ponsel Anda.

Sebelum melanjutkan, pastikan untuk membackup semua data di ponsel Anda. Panduan kami tentang cara melakukan backup Android yang tepat dapat membantu Anda dalam proses ini. Hal ini melibatkan backup pengaturan, foto, kontak, pesan teks, file media, dan dokumen penting lainnya.

Setelah Anda melakukan backup, ikuti langkah-langkah berikut untuk mereset Android:

  1. Buka Pengaturan > Sistem > Opsi Reset.
  2. Cari dan ketuk Hapus semua data (reset pabrik).
  3. Android akan memberikan peringatan bahwa penyimpanan internal akan direset, jadi baca dengan teliti.
  4. Jika Anda yakin ini adalah pilihan yang tepat, ketuk Reset Ponsel.

Setelah proses selesai, Android akan kembali seperti baru. Setelah mengatur akun Anda, manfaatkan kesempatan ini untuk mengunduh pembaruan baru sesegera mungkin.

Mengatasi Error “Google Keeps Stopping”

Error dengan aplikasi Google umumnya jarang terjadi, tetapi dapat muncul sewaktu-waktu tanpa peringatan.

Meskipun tidak selalu mudah untuk menemukan penyebab pastinya, beberapa langkah perawatan seperti menghentikan aplikasi Google, membersihkan cache, menghapus dan menginstal ulang update biasanya dapat membantu.

Jika masalah ini dialami oleh banyak pengguna secara bersamaan, ini mungkin merupakan tanda adanya masalah yang lebih besar. Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan adanya pembaruan baru yang Google keluarkan untuk aplikasinya.

Kesimpulan

Error “Google Keeps Stopping” pada ponsel Android bisa sangat mengganggu penggunaan aplikasi Google. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan mudah.

Jika semua langkah tersebut tidak berhasil, Anda dapat mencoba melakukan reset pabrik sebagai pilihan terakhir. Tetapi ingat, pastikan untuk membackup semua data penting sebelum melakukannya.

Sekarang Anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengatasi masalah “Google Keeps Stopping” pada ponsel Android Anda. Selamat mencoba!

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment