Cara Mengambil Data dari USB Flash Drive yang Rusak Tidak Terbaca

usb flashdisk

USB flash drive adalah salah satu teknologi paling berguna yang pernah Anda temui. Namun terkadang, performanya cukup bikin sebal.

Sebab kerapkali kita mencolokkan drive USB dengan data penting di dalamnya, namun hanya untuk menemukan data Anda telah hilang karena masalah yang tidak diketahui.

Untungnya, sebagian besar masalah drive USB dapat diselesaikan tanpa kehilangan data. Yang Anda butuhkan hanyalah kesabaran dan pengetahuan teknis.

Apa Masalah Drive USB yang Dapat Mencegah Akses Data?

Salah satu alasan paling umum mengapa drive USB Anda tiba-tiba mulai bermasalah adalah pengusiran yang tidak aman. Jika Anda menarik drive saat menyalin data, ada kemungkinan data yang ditransfer akan rusak, sedangkan sistem file drive juga dapat rusak.

Alasan umum lainnya termasuk:

  • Malware
  • Kegagalan pemformatan
  • Penggunaan yang berlebihan
  • Kegagalan komponen internal
  • Kerusakan perangkat keras atau mekanis
  • Fluktuasi tegangan

Selain itu, ada juga beberapa tanda yang harus diwaspadai yang merupakan indikator awal dari USB drive yang akan gagal. Kecepatan baca dan tulis yang lambat, file yang menghilang secara acak, dan komputer Anda gagal mendeteksi drive USB adalah semua tanda bahwa drive tersebut menuju tempat sampah.

Dalam kasus tersebut, Anda harus mencadangkan data Anda sesegera mungkin dan menonaktifkan drive. Namun, jika Anda tidak bisa dan drive sudah rusak, baik dalam hal perangkat keras maupun perangkat lunak, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk menyelamatkan data Anda.

Cara Memperbaiki Masalah Perangkat Keras Drive USB

Bagian pertama dari masalah ini adalah membuat komputer Anda mendeteksi drive USB Anda. Jika PC Anda tidak dapat melihat drive tersebut, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya kecuali dengan melakukan hal ini.

Periksa apakah Drive USB Sesuai dengan Port

Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan saat menghadapi masalah dengan drive USB Anda adalah memastikannya sesuai dengan port USB di komputer Anda.

Drive USB yang digunakan secara luas cenderung rusak di sekitar port USB, yang berarti terkadang kontak sirkuit tidak sepenuhnya bersentuhan dengan port USB. Masalah port USB dapat menyebabkan sejumlah masalah dengan pemutusan acak, kecepatan transfer yang lambat, dan file yang hilang secara acak.

Goyangkan drive USB Anda dengan lembut untuk memastikannya pas dengan port USB dengan benar. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan mungkin harus memegang drive pada sudut tertentu agar dapat terhubung ke port dengan benar untuk mengakses data Anda. Jika ya, cadangkan drive Anda sesegera mungkin!

Pastikan Pin dan Casing Utuh

Sebagai perpanjangan dari poin sebelumnya, periksa untuk memastikan pin drive USB dan casing eksternal masih utuh. Jika pin telah aus atau casing bengkok sehingga tidak dapat masuk ke port USB, Anda akan mengalami masalah dengan drive Anda.

Lihat sekilas ke dalam port drive untuk memeriksa debu dan kotoran yang mungkin menghambat konektivitas dan singkirkan (jangan meniup ke port drive, itu hanya akan menambah masalah Anda) dan perbaiki setiap belokan pada casing dengan tang hidung.

Coba Periksa Port USB Anda

Titik potensi masalah lainnya di sini adalah port USB PC Anda sendiri. Mirip dengan port USB di drive Anda, jika ada debu dan kotoran di dalam port USB PC Anda atau ada pin yang bengkok, mereka tidak akan menyentuh pin di dalam drive USB Anda. Jika Anda menggunakan Mac dan memiliki masalah dengan port USB-C, berikut cara memperbaikinya.

Periksa Kerusakan pada Papan Drive USB

Jika Anda cukup punya pengetahuan dengan elektronik, Anda selalu dapat membuka casing drive USB dan memeriksa motherboard di dalamnya untuk mencari tanda-tanda kerusakan.

Tentu saja, jika kerusakan sudah mencapai tingkat ini, tidak banyak yang bisa Anda lakukan. Namun, jika data di dalam drive cukup penting, Anda mungkin bisa mendapatkannya kembali dengan mengganti bagian yang rusak itu sendiri atau menghubungi layanan pemulihan data.

Cara Memperbaiki Masalah Perangkat Lunak Drive USB

Jika perangkat keras drive Anda baik-baik saja, masalah perangkat lunak dapat membuat Anda tidak dapat mengakses data Anda.

Jalankan Error Checking Scan

Memindai drive USB Anda yang rusak dapat membantu sistem operasi Anda mengidentifikasi dan berpotensi memperbaiki masalah apa pun.

Windows

Pilih drive USB Anda di Windows File Explorer, klik kanan, dan pilih Properties.
Anda akan menemukan tombol Periksa untuk menjalankan pemindaian pemeriksaan kesalahan di bawah tab Alat.

MacOS

  1. Buka Utilitas Disk. Anda dapat menemukannya dengan masuk ke Applications > Utilities > Disk Utility.
  2. Setelah Disk Utility terbuka, Anda akan melihat daftar drive di sisi kiri jendela. Temukan dan pilih drive USB dari daftar.
  3. Klik Pertolongan Pertama di bagian atas jendela Disk Utility.
  4. Kotak dialog akan muncul menanyakan apakah Anda ingin menjalankan Pertolongan Pertama pada drive yang dipilih. Klik Jalankan. Utilitas Disk sekarang akan berusaha menemukan dan memperbaiki kesalahan apa pun pada drive USB Anda.

Linux

  1. Hubungkan drive USB ke komputer Anda dan buka Terminal. Ketik lsblk atau sudo fdisk -l dan tekan Enter. Ini akan mencantumkan semua disk yang benar-benar terhubung ke komputer Anda. Identifikasi drive USB Anda berdasarkan ukuran, nama, atau partisi. Seharusnya terlihat seperti “/ dev/sdb1”.
  2. Sebelum Anda memulai proses perbaikan, Anda perlu melepas disk. Ketik sudo umount /dev/sdb1 (ganti “/dev/sdb1” dengan pengidentifikasi disk Anda) dan tekan Enter.
  3. Sekarang, Anda dapat menjalankan perintah fsck untuk memeriksa dan memperbaiki drive USB. Ketik sudo fsck /dev/sdb1 (sekali lagi, ganti “/dev/sdb1” dengan pengidentifikasi disk Anda) dan tekan Enter.

Ubah Huruf Drive

Kadang-kadang, mengubah huruf drive dapat memaksa Windows untuk membaca drive yang sebelumnya tidak bisa.

Tekan Tombol Windows + R untuk membuka prompt Jalankan. Ketik diskmgmt.msc dan tekan enter.
Temukan drive Anda, klik kanan, dan klik Change Drive Letter and Path.
Cuplikan layar menunjukkan opsi mengubah huruf drive di Windows
Klik tombol Ubah.
Pilih huruf drive yang Anda inginkan dari daftar drop-down dan klik OK.

Periksa Driver USB

Seperti setiap perangkat keras lainnya di PC Anda, USB juga memerlukan driver agar berfungsi dengan baik. Jika driver ini hilang, kedaluwarsa, atau rusak, Anda dapat mengalami masalah.

Klik kanan tombol Start menu di taskbar dan klik Device Manager.
Di bawah Disk Drives, klik kanan drive USB Anda dan klik Perbarui driver.
Klik Cari driver secara otomatis dan Windows akan secara otomatis mencari dan menginstal driver yang relevan.

Jalankan Windows Hardware Troubleshooter

Pemecah masalah perangkat keras Windows berguna untuk menangani masalah perangkat keras yang tampaknya acak pada PC Anda.

Tekan Tombol Windows + R untuk membuka prompt Jalankan. Ketik cmd dan tekan enter.
Ketik msdt.exe -id DeviceDiagnostic dan tekan enter. Biarkan pemecah masalah berjalan dan coba lakukan langkah-langkah yang disarankan.

Coba Gunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data Pihak Ketiga

Terakhir, program pemulihan data pihak ketiga seperti EaseUS, Recuva, Disk Drill, atau Puran File Recovery juga merupakan opsi yang bagus.

Perlu diingat, bahwa mereka umumnya berbayar dan tidak dapat diandalkan berdasarkan kerusakan pada drive USB atau integritas data yang disimpan.

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment