Cara Menemukan Lagu yang Tren di TikTok, Biar Bisa FYP

tiktok
Logo TikTok

TikTok telah menjadi platform yang sangat populer untuk berbagi video pendek dan kreatif.

Salah satu strategi yang efektif untuk menciptakan konten yang menarik dan viral di TikTok adalah dengan menggunakan lagu-lagu yang sedang tren dalam video Anda.

Menggunakan lagu-lagu yang sedang tren dalam video Anda dapat meningkatkan waktu tayangnya karena orang-orang tahu apa yang diharapkan, dan juga membuatnya dapat ditemukan oleh audiens yang lebih besar melalui halaman pencarian audio.

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi beberapa metode efektif untuk menemukan lagu-lagu yang sedang tren di TikTok sehingga Anda dapat membuat video yang viral.

1. Cari Lagu yang Sedang Tren Menggunakan Pencarian

Metode yang paling mudah untuk menemukan audio yang sedang tren di TikTok adalah dengan mencarinya dengan mengetikkan kata kunci tertentu di dalam kotak pencarian.

Ketuk ikon kaca pembesar di sudut kanan atas layar dan cari “suara yang sedang tren,” “lagu yang sedang tren,” “suara viral,” atau frasa serupa dengan mengetikkannya di kotak pencarian.

Setelah hasil pencarian muncul, ketuk “Suara”. TikTok akan menampilkan daftar semua suara viral beserta jumlah penggunaan suara tersebut.

Beberapa audio ini juga ditandai sebagai Populer berdasarkan jumlah video yang dibuat dengan menggunakan suara tersebut. Ketuk suara tersebut dan ketuk “Putar lagu penuh” untuk mendengarkannya.

Jika Anda menyukai lagunya dan siap untuk merekam, ketuk “Gunakan suara ini” di bagian bawah layar atau simpan lagu tersebut untuk penggunaan nanti dengan mengetuk tombol “Tambahkan ke Favorit”.

2. Periksa Creative Center TikTok

Creative Center TikTok adalah sumber daya gratis yang berharga yang menawarkan berbagai alat kreatif untuk bisnis dan kreator di TikTok.

Di sini, Anda dapat menjelajahi tren terbaru, wawasan kreatif, dan sumber daya kreatif untuk video TikTok Anda.

Antarmuka situs web ini bersih dan sederhana, dengan semua sumber daya utama dikategorikan dengan rapi dalam bagian yang relevan. Bagian Tren adalah yang paling berguna untuk menemukan lagu-lagu yang sedang tren.

Ketika Anda mengarahkan kursor ke tab Tren, menu akan terbuka dengan daftar subbagian, termasuk Hashtag, Lagu, Kreator, Video TikTok, dan lainnya.

Dengan mengklik opsi Lagu, Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi informasi dan analisis tentang lagu-lagu paling populer yang sedang tren di TikTok.

Anda dapat melihat peringkat lagu, nama, kurva tren, dan nama artis untuk setiap lagu dalam daftar tersebut.

Anda juga dapat melihat analisis terperinci, seperti wawasan audiens, popularitas menurut wilayah, dan video terkait, dengan mengklik tombol “Lihat Analisis” di sebelah setiap lagu.

Lagu-lagu tersebut diurutkan berdasarkan popularitas di TikTok. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menjelajahi Perpustakaan Audio untuk saran Musik Teratas yang lebih banyak.

3. Lihat For You Page TikTok

For You Page (FYP) di TikTok adalah tempat pengguna dapat menjelajahi umpan pribadi video yang sesuai dengan minat dan preferensi mereka.

Karena TikTok sebagian besar menampilkan konten populer dan tren di For You page, menggulir melalui halaman ini adalah cara yang baik untuk menemukan lagu-lagu baru dan viral.

Jika Anda tidak melihat konten yang Anda inginkan di umpan Anda, pertimbangkan untuk mengubah preferensi For You page TikTok Anda. Tidak ada cara langsung untuk mengetahui lagu mana yang sedang tren di FYP.

Namun, Anda dapat menilai popularitas lagu berdasarkan seberapa sering lagu tersebut muncul dalam video yang Anda temui saat menggulir melalui FYP.

Jika banyak kreator menggunakan suara yang sama, kemungkinan lagu tersebut sedang tren.

4. Telusuri Playlist Suara TikTok

Playlist suara TikTok menawarkan cara yang fantastis untuk menjelajahi beragam konten audio di platform ini.

Playlist ini mengkategorikan suara berdasarkan tema, tren, atau tantangan populer, sehingga memudahkan Anda untuk menemukan lagu-lagu yang sedang tren dan klip audio.

Cari playlist seperti “Trending” atau “TikTok Viral” dan jelajahi untuk menemukan lagu yang sedang tren yang Anda sukai.

Untuk mengakses playlist ini, ketuk tombol + untuk membuka kamera TikTok dan ketuk “Tambahkan suara” di bagian atas layar.

Temukan bagian Playlist di perpustakaan Suara dan ketuk “Trending” atau “TikTok Viral” untuk melihat suara-suara dalam playlist tersebut.

Ketuk lagu-lagu tersebut untuk memutarnya, dan ketuk tombol selesai untuk menambahkan suara ke kamera Anda dan mulai merekam. Atau, Anda juga dapat menyimpannya untuk penggunaan nanti dengan mengetuk ikon bookmark.

5. Ikuti Kreator Teratas di TikTok

Salah satu cara untuk tetap terupdate dengan tren lagu dan konten terbaru di TikTok adalah dengan mengikuti kreator teratas di platform ini.

Kreator-kreator ini secara konsisten menghasilkan video yang menarik dan populer yang resonansi dengan audiens yang luas.

Dengan mengikuti mereka, Anda dapat mengakses konten mereka secara langsung di umpan Anda dan menemukan tantangan dan tren viral terbaru yang mereka ikuti.

Cara termudah untuk menemukan kreator teratas di TikTok adalah dengan menggulir melalui For You page. Atau, Anda juga dapat mengunjungi Creative Center TikTok dan pergi ke bagian Tren > Kreator untuk melihat profil teratas.

Anda hanya akan melihat tiga profil teratas yang diurutkan berdasarkan jumlah pengikut dan suka yang mereka miliki. Untuk melihat profil lebih banyak, Anda perlu mendaftar atau masuk ke Creative Center.

6. Gunakan Aplikasi dan Situs Web Pihak Ketiga

Selain semua metode yang dibahas di atas, Anda dapat menggunakan aplikasi dan situs web pihak ketiga seperti VidIQ Viral dan TokChart untuk menemukan lagu-lagu tiktok yang sedang tren.

TokChart adalah situs web khusus yang melacak musik populer di TikTok dalam 24 jam terakhir dan menyediakan tren yang dikategorikan berdasarkan lokasi.

Anda dapat memutar lagu langsung di situs web atau mengklik tombol TikTok untuk membuka lagu di aplikasi TikTok.

Selain itu, Anda juga dapat mencari playlist TikTok yang sedang tren di platform streaming musik seperti Spotify untuk menemukan playlist yang dikurasi dengan lagu-lagu viral terbaru dan musik populer di TikTok.

Playlist ini sering diperbarui secara teratur untuk mencerminkan tren saat ini di TikTok, menjadikannya sumber daya yang bagus untuk menemukan lagu-lagu baru dan populer.

Kesimpulan

Menggunakan lagu-lagu TikTok yang sedang tren dalam video Anda dapat menjadi perubahan besar dalam menciptakan konten yang menarik dan viral di platform ini.

Artikel ini telah menguraikan enam metode efektif untuk menemukan lagu-lagu yang sedang tren di TikTok. Pendekatan-pendekatan ini juga akan membantu Anda tetap terupdate dengan tren terbaru di platform ini.

Meskipun menggunakan lagu-lagu TikTok yang sedang tren dapat meningkatkan kemungkinan popularitas video Anda, penting untuk tetap menjaga keaslian dalam konten Anda.

Meskipun mengikuti tren adalah hal yang baik, menambahkan sentuhan unik pada video Anda dapat membuat Anda berbeda dari yang lain dan menarik basis penggemar yang setia.

Rating Artikel

Bagikan:

Tags

tiktok

Related Post

Leave a Comment