Cara Membaca Pesan di WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirim

whatsapp

Apakah Anda sering merasa tertekan oleh tanda centang biru di WhatsApp yang menunjukkan bahwa Anda telah membaca pesan seseorang?

Jika iya, Anda tidak sendirian. Tapi jangan khawatir, ada beberapa trik yang dapat Anda gunakan untuk membaca pesan di WhatsApp tanpa memberi tahu pengirim. Mari kita simak!

1. Mengaktifkan Mode Pesawat

Salah satu trik yang paling sederhana adalah dengan mengaktifkan mode pesawat sebelum membuka pesan yang diterima di WhatsApp.

Dengan mengaktifkan mode pesawat, WhatsApp akan offline, dan Anda dapat membaca pesan dari cache aplikasi tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa ketika WhatsApp kembali online, status pesan akan diperbarui, dan pengirim dapat melihat bahwa Anda telah membaca pesan tersebut.

Untuk mengaktifkan mode pesawat di iPhone, geser ke bawah pada bagian kanan atas layar Anda untuk mengakses Control Center dan ketuk ikon pesawat.

Pada ponsel Android, geser ke bawah pada panel notifikasi, lalu ketuk ikon pesawat untuk mengaktifkan mode pesawat.

2. Menambahkan Widget WhatsApp ke Layar Utama Anda

Widget adalah jendela kecil yang dapat Anda tambahkan ke layar utama ponsel Anda untuk berinteraksi dengan beberapa fungsi spesifik pada aplikasi tanpa perlu membukanya.

Anda dapat menambahkan widget WhatsApp ke layar utama Anda untuk melihat pratinjau pesan.

Namun, meskipun widget tersedia baik pada perangkat Android maupun iOS, widget WhatsApp pada iOS hanya menampilkan empat ikon obrolan dan status teratas Anda.

Di sisi lain, widget WhatsApp pada Android menampilkan empat pesan terakhir yang belum dibaca.

Untuk menambahkan widget WhatsApp ke layar utama Android Anda, tekan dan tahan pada halaman utama dan pilih Widget di bagian bawah layar.

Gulir ke bawah dan pilih WhatsApp, lalu ketuk 4×2 dan Tambahkan. Widget Anda sekarang akan muncul di layar utama Anda.

3. Menonaktifkan Tanda Terima Baca

Aplikasi WhatsApp juga memungkinkan Anda untuk menonaktifkan tanda terima baca. Tanda terima baca adalah fitur WhatsApp yang mengubah tanda centang biru menjadi tanda centang abu-abu, sehingga pengirim tidak akan tahu apakah Anda telah membaca pesannya atau belum.

Untuk menonaktifkan tanda terima baca, buka WhatsApp di ponsel Anda dan ketuk ikon Pengaturan di bagian kanan bawah layar. Ketuk Privasi, gulir ke bawah, dan matikan Tanda Terima Baca.

Namun, perlu diingat bahwa setelah Anda menonaktifkan fitur ini, Anda juga tidak akan dapat melihat tanda terima baca dari orang lain, kecuali dalam obrolan grup.

4. Membaca Pesan dari Panel Notifikasi

Trik sederhana lainnya untuk melihat pesan tanpa memberi tahu pengirim adalah melalui panel notifikasi. Jika pratinjau notifikasi diaktifkan di perangkat Anda, Anda dapat melihat pesan WhatsApp yang masuk tanpa membuka aplikasi.

Untuk mengaktifkan pratinjau notifikasi, buka aplikasi Pengaturan, ketuk Notifikasi, lalu ketuk Tampilkan Pratinjau. Anda dapat memilih opsi Selalu atau Ketika Terkunci. Namun, jika Anda memilih Selalu, semua orang yang melihat ponsel Anda dapat membaca pesan Anda, bahkan jika ponsel Anda terkunci.

5. Membaca Pesan Menggunakan 3D/Haptic Touch untuk iOS

Trik terakhir ini khusus untuk pengguna iOS. 3D Touch dan Haptic Touch adalah fitur pada iOS yang memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau pesan dengan menekan lama. 3D Touch tersedia pada iPhone 6s hingga iPhone X dan XS, sementara Haptic Touch tersedia mulai dari iPhone XR dan model iPhone terbaru.

Dengan 3D/Haptic Touch, bahkan jika pratinjau notifikasi Anda dinonaktifkan, Anda dapat melihat pesan dengan menekan lama pada notifikasi pesan.

Selain itu, dengan Haptic Touch, Anda juga dapat membalas pesan tanpa harus menutup aplikasi yang sedang Anda gunakan dan membuka WhatsApp.

Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Membukanya

Dalam dunia komunikasi instan, seringkali kita merasa tertekan untuk segera merespons pesan. Beruntungnya, dengan menggunakan trik-trik yang telah kami jelaskan, Anda dapat membaca pesan dan meresponsnya kapan pun Anda mau.

Meskipun beberapa trik ini memiliki kekurangan masing-masing, Anda dapat mencobanya sendiri dan memilih yang paling cocok untuk Anda.

Jadi, jangan biarkan tanda centang biru membuat Anda stres. Gunakan trik-trik di atas untuk membaca pesan WhatsApp dengan lebih tenang dan menghindari tekanan untuk merespons segera.

Rating Artikel

Bagikan:

Tags

whatsapp

Related Post

Leave a Comment