Berapa Biaya Membuat Smart Home? Ini Perkiraannya

teknosuardotcom

Smart home semakin hari semakin populer. Apalagi dengan hadirnya merek-merek besar seperti Google dan Amazon yang merilis perangkat pintar mereka sendiri untuk memberikan kenyamanan tambahan bagi pelanggan.

Namun, teknologi seringkali mahal, dan memasangnya di seluruh rumah dengan perangkat pintar bisa memakan biaya besar. Jadi, seberapa mahalkah membuat smart home? Mari kita hitung.

Voice Assistant

Asisten suara atau voice assistant kini menjadi fitur pada ratusan perangkat berbeda, termasuk ponsel pintar, laptop, dan speaker. Di dalam smart home, asisten suara sering hadir dalam bentuk speaker kecil, seperti Amazon Echo atau Google Nest.

Asisten suara seperti ini tidak hanya menangani media audio yang Anda mainkan melalui mereka. Anda juga dapat membuat pengingat, memeriksa cuaca, melakukan pencarian internet, dan mengendalikan perangkat pintar lain di rumah Anda, semuanya dengan perintah suara.

Ini jelas merupakan perangkat yang nyaman, tetapi apakah akan menguras kantong Anda?

Jawaban atas pertanyaan ini bervariasi berdasarkan asisten suara tertentu yang Anda inginkan. Amazon Echo Dot, misalnya, dijual mulai dari sekitar Rp900 ribuan, tetapi harga bervariasi tergantung pada penjual yang Anda beli dan tambahan apa yang Anda pilih sebagai bagian dari pembelian (seperti set bola lampu pintar).

Versi lebih mahal dari Echo, seperti Echo Studio, harganya mulai dari Rp3 jutaan ke atas.

Salah satu pesaing utama Amazon dalam produksi speaker pintar, yaitu Google, juga memiliki berbagai model yang tersedia. Model termurah, Google Nest Mini, dijual dengan harga lebih rendah daripada Echo, sekitar Rp400 ribuan.

Harga kemudian meningkat, dengan model-model populer lainnya, seperti speaker Nest berukuran standar, dijual sekitar Rp900 ribuan.

Perlu diingat bahwa Anda bisa mendapatkan speaker pintar lebih murah dari merek-merek yang kurang terkenal, atau membeli speaker Amazon atau Google dari penjual bekas dengan harga lebih terjangkau.

Smart Lighting

Smart Lighting memungkinkan Anda mengatur timer, mengubah warna atau kecerahan, dan mengendalikan pencahayaan dalam berbagai ruangan di rumah Anda melalui suara.

Anda bisa menggunakan pencahayaan pintar untuk mengurangi tagihan energi, menyederhanakan kehidupan sehari-hari, atau membuat rumah Anda lebih ramah lingkungan.

Untungnya, saat ini ada banyak bohlam pintar yang terjangkau di pasaran, jadi beralih dari bohlam biasa tidak harus mengeluarkan banyak uang.

Di Amazon, misalnya, Anda dapat menemukan banyak merek yang menawarkan set bohlam pintar dengan harga sekitar $20.

Namun, jika Anda ingin menggunakan merek terkenal, harga smart light akan lebih tinggi. Philips, misalnya, menawarkan dua buah bohlam pintar dengan harga lebih dari sejuta rupiah.

Perlu diingat bahwa harga tersebut belum termasuk Hue Bridge Hub, yang harganya sekitar Rp700 ribuan. Namun, Philips Hue adalah kit pencahayaan pintar yang bagus dengan banyak fitur yang berguna.

Jadi, jika Anda punya uang lebih untuk meningkatkan anggaran, mengapa tidak?

Smart Security

Perangkat seperti kunci pintar dan alarm pintar dapat sangat berguna untuk sistem keamanan rumah Anda. Kemampuan untuk mengawasi rumah Anda dari jauh, mengendalikan kunci dan pintu secara jarak jauh, dan menerima pemberitahuan langsung jika ada pelanggaran keamanan berarti Anda selalu tahu, dan dengan demikian dapat segera mengambil tindakan jika ada masalah.

Namun, apakah sistem keamanan smart home akan menguras uang Anda? Seberapa mahalkah mereka?

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang berbagai sistem keamanan pintar, seperti Ring. Ring adalah merek keamanan pintar yang sangat populer yang menawarkan bel pintar pintar, kamera, alarm, dan sensor gerak.

Seluruh sistem keamanan Ring bisa menghabiskan jutaan rupiah, tetapi Anda bisa memulainya dengan bel pintar Ring.

Bel pintar Ring dijual dengan harga serendah Rp900 ribuan, dan memungkinkan Anda melihat dan berinteraksi dengan siapa pun yang berada di pintu depan Anda dari jarak jauh.

Anda juga bisa mendapatkan kunci pintar, yang memerlukan kode atau otentikasi dari ponsel Anda untuk membuka kunci. Harga kunci pintar berkisar antara Rp700 ribuan hingga Rp3 jutaan, tergantung pada merek dan model yang Anda beli.

Smart Entertainment

Saat ini, banyak dari kita menginginkan layar lebar dan audio yang jernih, tetapi tentu harga perangkat ini lebih mahal. TV pintar dan speaker pintar bisa mahal, sebab banyak orang telah membelinya dengan harga belasan juta rupiah.

Namun, memiliki sistem hiburan pintar tidak perlu merusak kantong. TV pintar sekarang sangat terjangkau, dengan merek-merek seperti LG, JVC, dan Toshiba menawarkan produk berkualitas baik dengan harga lebih rendah.

Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan TV pintar LG berukuran 32 inci dengan harga tiga hingga mpat juta rupiah.

Tentu saja, harga akan meningkat dengan ukuran layar dan kemampuan yang lebih tinggi. Jika Anda ingin memiliki bioskop rumahan daripada sistem hiburan sederhana, kemungkinan besar Anda akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli TV pintar yang lebih besar. TV pintar berukuran 60 inci biasanya dijual mulai dari Rp10 jutaan.

Speaker pintar yang lebih besar, seperti yang ditawarkan oleh Bose dan Sonos, juga bisa menghabiskan uang yang cukup banyak. Soundbar Sonos bisa menghabiskan biaya antara $200 hingga $800, dan merupakan pilihan umum untuk sistem hiburan rumah. Anda bisa memilih speaker yang lebih kecil, tetapi hal ini akan mengakibatkan distribusi suara yang tidak merata dari satu sisi ruangan.

Namun, ada soundbar pintar yang lebih terjangkau di luar sana, seperti model-model soundbar JBL dan LG yang sedikit lebih lama. Anda juga bisa memilih merek-merek yang kurang terkenal, tetapi pastikan Anda mengecek reputasi dan kualitas produk mereka sebelumnya.

Pengatur Suhu

Memanaskan atau mendinginkan rumah Anda bisa mahal dan menjengkelkan, tetapi teknologi pintar bisa membantu. Thermostat pintar memungkinkan Anda memantau dan mengatur suhu rumah dari jarak jauh, mengatur timer harian, melihat riwayat penggunaan energi Anda, dan bahkan memeriksa cuaca.

Anda juga bisa menggunakan berbagai mode pada beberapa thermostat, seperti mode ramah lingkungan dan hemat energi untuk mengurangi penggunaan listrik.

Namun, apakah kenyamanan tambahan ini akan mahal?

Semua thermostat pintar memiliki desain, kemampuan, dan fitur tambahan yang berbeda, yang dapat mempengaruhi harga. Google Nest thermostat, misalnya, bervariasi dalam harga tergantung pada generasi yang Anda cari.

Generasi ketiga Nest dijual sekitar Rp3 jutaan, sementara generasi kedua harganya hanya setengah dari itu. Namun, dengan versi yang lebih lama mungkin juga datang perangkat lunak yang ketinggalan zaman dan fitur terbatas, jadi perlu diingat hal ini.

Tetapi Nest bukan satu-satunya pilihan Anda. Ada banyak merek thermostat pintar lain di luar sana, termasuk Ecobee dan tado. Anda juga bisa mencari thermostat Nest bekas atau diremajakan jika ingin tetap berada dalam anggaran yang lebih ketat.

Membuat Rumah Pintar Tidak Murah

Dengan semua perangkat berbeda yang Anda butuhkan untuk membangun smart home, kemungkinan Anda akan menghabiskan biaya yang cukup besar. Tetapi Anda tidak harus mengeluarkan ribuan dolar untuk smart home Anda.

Memilih merek yang lebih murah, produk bekas, dan berupaya mencari promo dari barang-barang smart home dapat membantu Anda menghemat uang sambil tetap meningkatkan gaya hidup di rumah Anda.

Rating Artikel

Tags

Related Post

Leave a Comment