Airdrop Cryptocurrency: Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Mendapatkannya

airdrop cryptocurrency

Airdrop cryptocurrency adalah strategi pemasaran yang populer digunakan oleh proyek-proyek cryptocurrency untuk meningkatkan kesadaran dan menarik pengguna dengan mendepositokan token gratis ke dalam dompet mereka.

Airdrop dapat berkontribusi pada desentralisasi proyek cryptocurrency dengan meningkatkan partisipasi dan kepemilikan komunitas terhadap token, yang meningkatkan keamanan dan perlindungan regulasi.

Jenis-jenis airdrop yang berbeda ada, termasuk airdrop standar, airdrop hard fork, airdrop bounty, airdrop holder, airdrop raffle, dan airdrop eksklusif, masing-masing memiliki tujuan yang berbeda dalam mempromosikan dan memberikan imbalan bagi partisipasi dalam proyek crypto.

Airdrop cryptocurrency telah menjadi sangat populer di platform media sosial. Airdrop baru sering diumumkan, dan orang-orang berlomba-lomba untuk apa yang mereka yakini sebagai kesepakatan yang menguntungkan.

Namun, sayangnya, sebagian besar airdrop ini tidak sesuai dengan harapan. Selain itu, sebagian besar orang memiliki sedikit pengetahuan tentang apa itu airdrop cryptocurrency dan bagaimana cara kerjanya. Mari kita ubah itu.

Bagaimana Cara Kerja Airdrop Cryptocurrency?

Airdrop cryptocurrency adalah taktik baru yang digunakan oleh proyek crypto untuk meningkatkan kesadaran. Meskipun biayanya bisa mencapai ratusan juta dolar, terutama ketika menjamin likuiditas, seperti airdrop Worldcoin, ini adalah strategi favorit bagi perusahaan crypto karena berhasil.

Orang-orang menyukai uang gratis. Jadi ketika token gratis—dengan potensi peningkatan nilai yang eksponensial—dijanjikan kepada publik, banyak orang pasti akan berlomba-lomba untuk mendapatkannya.

Dengan taktik tunggal ini, proyek dapat menciptakan banyak kegembiraan di sekitarnya, dan sebagai hasilnya, nilai yang diperoleh dari minat publik melampaui biaya memberikan token gratis.

Selain sebagai strategi pemasaran, airdrop cryptocurrency juga digunakan sebagai strategi desentralisasi. Orang-orang mendukung cryptocurrency karena tidak ada satu entitas atau pemerintah yang mengendalikannya. Jadi untuk mencapai lebih banyak desentralisasi, proyek crypto akan melakukan airdrop.

Ketika orang bergabung dengan komunitas, memiliki sebagian token, dan berkontribusi pada proyek, cryptocurrency menjadi lebih terdistribusi. Komunitas yang lebih besar berarti lebih banyak kontributor, yang berdampak pada peningkatan keamanan dan perlindungan regulasi yang lebih baik.

Airdrop cryptocurrency biasanya diumumkan di forum cryptocurrency online dan saluran media sosial. Untuk berpartisipasi, Anda harus aktif di komunitas online ini, mencari peluang airdrop baru.

Namun, Anda juga harus berhati-hati untuk mengidentifikasi penipuan airdrop cryptocurrency. Setelah Anda mengidentifikasi airdrop crypto yang sah, periksa apakah Anda memenuhi persyaratan untuk memenuhi syarat untuk menerima airdrop. Persyaratan sering mencakup:

  1. Memiliki dompet cryptocurrency yang kompatibel tempat token akan dikirimkan.
  2. Memiliki cryptocurrency dasar. Cryptocurrency dasar dalam konteks ini adalah token yang sudah ada yang digunakan sebagai dasar dari token baru yang di airdrop. Misalnya, jika token didasarkan pada fork dari blockchain Ethereum, Anda mungkin memerlukan ETH untuk memenuhi syarat.
  3. Memenuhi beberapa kriteria dalam ekosistem proyek. Misalnya, salah satu kriteria untuk Airdrop Arbitrum pada 23 Maret 2023 termasuk menyelesaikan transaksi senilai $10.000 di Jaringan Arbitrum.

Ingat, kriteria untuk memenuhi syarat tergantung pada proyek. Jadi jika Anda memenuhi semua persyaratan, Anda dapat menghubungkan dompet Anda dan menerima airdrop Anda.

Jenis-jenis Airdrop Cryptocurrency

Airdrop cryptocurrency dapat memiliki berbagai tujuan, mulai dari mempromosikan proyek baru hingga mendapatkan dukungan untuk proyek yang sudah ada. Oleh karena itu, mereka dapat diklasifikasikan menjadi beberapa tipe:

1. Airdrop Standar

Ini adalah jenis airdrop yang paling umum. Ini melibatkan proyek mendistribusikan token gratis berdasarkan siapa yang datang pertama kali. Biasanya, peserta akan diminta untuk mendaftar di sebuah platform untuk memenuhi syarat untuk airdrop.

Contoh dari airdrop standar adalah hadiah BAT oleh Brave, di mana siapa pun yang mengunduh dan menggunakan peramban web Brave memenuhi syarat untuk hadiah crypto acak setiap 30 hari.

2. Airdrop Hard Fork

Hard fork terjadi ketika proyek memisahkan diri dari protokol asli dan mengubah kode, membuat protokol baru tidak kompatibel dengan protokol aslinya.

Dalam hal ini, peserta dari rantai baru menerima airdrop koin baru setara dengan apa yang mereka miliki di rantai sebelumnya. Misalnya, Bitcoin Cash mengirimkan BCH kepada siapa pun yang memegang Bitcoin pada saat hard fork dari Bitcoin.

3. Airdrop Bounty

Proyek crypto sering mencoba mempertahankan partisipasi melalui airdrop bounty. Misalnya, mereka akan meminta peserta untuk melakukan tindakan tertentu seperti mengikuti proyek di media sosial atau mengajak teman sebagai imbalan airdrop gratis. Airdrop bounty sangat populer di antara proyek NFT.

4. Airdrop Holder

Dalam airdrop holder, proyek mengambil snapshot blockchain pada waktu tertentu, mengambil token dalam dompet pengguna. Kemudian siapa pun yang memegang jumlah token tertentu pada saat itu memenuhi syarat untuk airdrop. Contoh yang baik adalah airdrop ApeCoin, di mana token dikirimkan kepada pemilik NFT BAYC.

5. Airdrop Raffle

Ketika proyek ingin mendorong partisipasi dalam komunitas, mereka bisa mengumumkan sejumlah hadiah yang tetap untuk didistribusikan untuk aktivitas seperti memegang token atau melakukan transaksi.

Kadang-kadang, mereka yang memenuhi syarat untuk menang akan melebihi jumlah token yang dialokasikan. Dalam hal ini, proyek menggunakan mekanisme lotere untuk memilih pemenang.

6. Airdrop Eksklusif

Setiap proyek memiliki pendukung yang kuat yang aktif atau bertahan lama. Mereka tidak selalu memiliki banyak token, tetapi mereka telah menunjukkan dukungan mereka yang tidak tergoyahkan di forum-forum komunitas. Proyek dapat mengakui orang-orang tersebut dan memberi mereka airdrop eksklusif.

Argumennya, jenis-jenis airdrop ini tidak saling terkecuali. Beberapa airdrop crypto bisa masuk ke dalam dua kategori tergantung pada alasan di baliknya.

Bagaimana Airdrop Cryptocurrency Dikenakan Pajak?

Secara umum, transaksi cryptocurrency dianggap sebagai peristiwa yang dikenakan pajak. Mulai dari menjual aset digital menjadi tunai, menggunakan crypto untuk pembayaran, atau menerima token airdrop, semua transaksi ini dikenakan pajak, tergantung pada yurisdiksi lokasi pemilik token.

Di Amerika Serikat, pendapatan dari pertambangan, staking, pembayaran crypto, dan airdrop dianggap sebagai pendapatan dan harus dilaporkan saat mengajukan pengembalian pajak.

Seperti yang dijelaskan oleh Taxbit, Anda akan membutuhkan Formulir 8949, yang digunakan untuk melacak keuntungan dan kerugian modal untuk aset digital.

Platform pertukaran cryptocurrency juga mengeluarkan tiga jenis Formulir 1099 kepada pengguna untuk mengajukan pengembalian pajak mereka.

Anda akan dikenakan pajak atas keuntungan modal dari transaksi cryptocurrency Anda, dan persentasenya tergantung pada berbagai faktor, seperti nilai aset dan periode penahanan. Aset jangka panjang dikenakan pajak lebih adil daripada aset jangka pendek.

Menentukan keuntungan dan kerugian modal bisa menantang, mengingat token yang diperoleh dari airdrop mungkin tidak likuid atau memiliki nilai pasar yang dapat diukur. Selain itu, airdrop tidak dikenakan pajak kecuali individu telah menerima token tersebut dan dapat memperdagangkannya.

Peraturan perpajakan cryptocurrency bisa rumit. Anda harus berkonsultasi dengan profesional perpajakan yang familiar dengan peraturan perpajakan cryptocurrency di yurisdiksi Anda untuk memastikan Anda tidak melanggar hukum.

Menjelajahi Peluang Airdrop Cryptocurrency dengan Hati-hati

Baiknya lebih berhati-hati dan sistematis ketika mengambil peluang airdrop cryptocurrency. Mencari tahu tentang proyek di balik airdrop mungkin memakan waktu, tetapi itu sangat berharga.

Sementara airdrop telah membuat banyak proyek crypto yang sah sukses, mereka juga telah menjadi alat yang sempurna bagi penipu untuk menipu orang secara online. Selain itu, selalu catat dengan baik investasi airdrop cryptocurrency Anda untuk menghindari bentrok dengan petugas pajak.

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment