8 Mitos Seputar Laptop Chromebook yang Wajib Diketahui

laptop chromebook

Selama 10 tahun terakhir, banyak kesalahpahaman yang beredar seputar Chromebook.

Hal ini termasuk anggapan bahwa Chromebook tidak dapat digunakan secara offline dan bahwa perangkat ini memiliki performa yang rendah.

Beberapa hal itu mungkin benar ketika Chromebook pertama kali diluncurkan. Namun sekarang kesalahpahaman tersebut telah diperbaiki atau ditingkatkan.

Berikut adalah delapan mitos seputar Chromebook yang sebaiknya diabaikan ketika mencari laptop baru.

1. Chromebook memiliki performa yang rendah

Ini adalah kesalahpahaman umum yang berasal dari saat peluncuran Chromebook, ketika perangkat ini digunakan secara utama untuk mengakses internet melalui browser Chrome.

Seiring dengan semakin banyak orang yang menggunakan Chromebook, termasuk untuk keperluan sekolah dan bisnis, Google meningkatkan fungsionalitas sistem operasi dan produsen Chromebook meningkatkan performanya untuk memanfaatkan fitur-fitur baru.

Sekarang, seperti laptop lainnya, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar dengan Chromebook.

Meskipun ChromeOS, sistem operasi Chromebook, masih memiliki persyaratan hardware yang rendah, Chromebook dapat memberikan fungsionalitas dasar dengan harga yang lebih terjangkau.

Meskipun memiliki persyaratan hardware yang rendah, Chromebook dapat berperforma sama baiknya atau bahkan lebih baik daripada laptop Windows seharga serupa.

2. Anda hanya dapat menggunakan Chrome di Chromebook

Wajar jika Anda berpikir bahwa Chromebook, yang menjalankan sistem operasi ChromeOS, hanya dapat menggunakan browser Chrome.

Namun, hal ini tidak benar. Anda dapat menggunakan browser lain seperti Brave dan Firefox di Chromebook Anda.

Untuk menggunakan browser tersebut, Anda perlu mengunduh aplikasinya dari Google Play Store. Meskipun aplikasi tersebut ditujukan untuk ponsel Android, aplikasi tersebut juga akan berfungsi di Chromebook Anda.

Beberapa aplikasi memiliki dukungan tablet sehingga tampilannya lebih rapi dan memanfaatkan ruang layar tambahan pada Chromebook Anda.

Jendela aplikasi tersebut juga dapat diubah ukurannya seperti perangkat lunak desktop tradisional.

3. Chromebook tidak aman digunakan

Chromebook memiliki beberapa lapisan perlindungan untuk menjaga keamanan data Anda. Misalnya, Anda akan mendapatkan pembaruan otomatis dari Google sehingga perangkat Anda selalu memiliki pembaruan terbaru.

Chromebook juga menjalankan situs web dan aplikasi secara terisolasi (sandbox) untuk mencegah ancaman keamanan.

Fitur-fitur keamanan ini membuat Chromebook lebih aman daripada sebagian besar laptop lainnya.

Menurut CVE Details, sumber data kerentanan keamanan, ChromeOS hanya memiliki sekitar 50 kerentanan keamanan sejak tahun 2010. Sebaliknya, Windows 10 memiliki hampir 3.000 kerentanan keamanan sejak tahun 2013.

4. Chromebook tidak dapat digunakan secara offline

Meskipun model-model pertama Chromebook dirancang untuk digunakan secara online saja, Google telah mengubah hal itu sehingga banyak aplikasi Chromebook dapat digunakan dengan atau tanpa koneksi internet.

Anda dapat menggunakan Chromebook Anda untuk membuat catatan, menonton film, dan mendengarkan musik dalam keadaan offline. Anda bahkan dapat memeriksa dan menanggapi email atau melihat, mengedit, atau membuat dokumen di Google Drive.

Dalam hal ini, email yang Anda kirim atau perubahan yang Anda buat pada dokumen tidak akan terkirim hingga Anda terhubung kembali ke internet.

5. Anda tidak dapat bermain game di Chromebook

Beberapa tahun yang lalu, Anda hanya dapat memainkan game berbasis web di Chromebook Anda, tetapi sejak tahun 2016, Anda dapat memainkan banyak game di Google Play Store.

Ini termasuk game seperti Roblox dan Apex Legends Mobile. Anda juga dapat memainkan game dari Steam, Nvidia’s GeForce Now, Amazon Luna, dan Xbox Cloud Gaming di Chromebook Anda.

Google bahkan menjual Chromebook yang dirancang khusus untuk cloud gaming. Acer Chromebook 516 GE, Asus Chromebook Vibe CX55 Flip, dan Lenovo Ideapad Gaming Chromebook adalah tiga Chromebook pertama yang memungkinkan siapa saja memainkan game komputer AAA tanpa memerlukan PC gaming mewah menggunakan layanan cloud.

6. Chromebook tidak cocok untuk pengeditan foto atau video

Untuk pengeditan dasar, Google Play Store memiliki beberapa aplikasi pengeditan foto dan video yang kompatibel dengan Chromebook, termasuk aplikasi Android dari Adobe dan LumaFusion. Google juga telah menghadirkan editor video dan pembuat film baru di Google Photos.

Jika Anda seorang profesional bisnis dan membutuhkan kemampuan pengeditan foto atau video yang lebih canggih, seperti Adobe InDesign atau Photoshop, Anda tetap memerlukan laptop Windows, Mac, atau Linux.

Namun, jika Anda sedang membuat album foto keluarga atau video untuk reuni keluarga, Chromebook memiliki semua yang Anda butuhkan.

7. Chromebook tidak dapat menjalankan Microsoft Office

Ya, Anda dapat menjalankan Microsoft Office di Chromebook Anda. Namun, alih-alih menggunakan paket perangkat lunak yang dibuat untuk Windows atau MacOS, Anda akan menggunakan aplikasi web progresif (progressive web apps) dari Microsoft Office, atau biasa disebut PWAs.

PWAs mirip dengan versi mobile dari situs web, tetapi memberikan fitur-fitur lebih seperti penggunaan offline dan notifikasi push.

Ada PWAs untuk Microsoft Office 365 yang berfungsi dengan baik di Chromebook. Selain harus mengunduh PWAs tersebut, penggunaan PWAs sama seperti menggunakan versi web dari Office 365.

Pengguna Office yang sering menggunakannya mungkin akan merasa bahwa PWAs tidak sekomprehensif perangkat lunak desktop, tetapi PWAs ini kemungkinan akan memenuhi kebutuhan sebagian besar orang.

8. Anda tidak dapat menggunakan Windows di Chromebook

Ini benar sebagian. Meskipun Anda tidak dapat menginstal Windows di Chromebook Anda, Anda dapat mengakses sistem operasi tersebut melalui akses jarak jauh.

Anda dapat menggunakan alat akses komputer jarak jauh, seperti Parallels for Chrome atau Chrome’s Remote Desktop, untuk menghubungkan Chromebook Anda ke komputer Windows.

Parallels memungkinkan Anda menjalankan aplikasi Windows dengan fitur lengkap dan lebih ditujukan untuk pengguna bisnis.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk membeli laptop Chromebook. Silakan lihat-lihat dulu di laptop Chromebook yang sudah kami ulas.

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment