6 Tempat Membaca Manhwa dan Webtoon Gratis dan Populer

manhwa

Manhwa dan webtoon adalah bentuk komik digital dengan format vertikal yang berasal dari Korea.

Popularitas manhwa yang semakin meningkat telah menyebabkan banyaknya versi digital, dan membuat lebih banyak orang mengaksesnya melalui perangkat seluler.

Meskipun sangat populer dan menarik, mereka bisa sulit dibaca bagi mereka yang terbiasa membaca komik secara horizontal.

Untungnya, saat ini tersedia aplikasi untuk Android dan iPhone yang membuat membaca manhwa dan webtoon menjadi nyaman dan mudah.

Jika Anda tertarik untuk memulai, koleksi aplikasi membaca manhwa dan webtoon terbaik ini akan menjadi pintu gerbang yang sempurna.

Webtoon

Webtoon adalah salah satu platform terbesar bagi penggemar genre ini. Aplikasi ini memiliki komunitas lebih dari 72 juta pembaca dan katalog beberapa manhwa paling populer, seperti Noblesse dan God of Highschool.

Platform ini menyediakan berbagai genre komik, mulai dari komedi hingga aksi, sehingga Anda pasti akan menemukan sesuatu yang menarik bagi Anda.

Aplikasi ini menggunakan preferensi Anda untuk membuat rekomendasi yang selalu berubah, memberikan Anda sesuatu yang baru untuk dibaca setiap hari.

Bahkan ada Webtoon Originals yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengunggah komik mereka sendiri.

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki kemampuan menggambar yang luar biasa; Anda dapat menggunakan generator komik untuk dengan mudah membuat komik dan menambahkannya ke aplikasi Webtoon.

Setiap orang dapat membangun dan mengembangkan penggemar mereka sendiri, mencapai kesuksesan. Anda dapat memberi peringkat dan memberi komentar pada seri komik serta memberikan kritik.

Anda juga dapat berlangganan seri favorit Anda, sehingga Anda selalu mendapatkan pembaruan terbaru, dan mengunduh bab untuk dibaca di waktu luang atau saat Anda sedang bepergian.

Oleh karena itu, Webtoon adalah aplikasi yang sangat baik secara keseluruhan bagi mereka yang ingin menjelajahi dunia manhwa.

Android | iOS

Lezhin Comics

Lezhin Comics adalah penerbit yang menyediakan kumpulan komiknya sendiri, lebih ditujukan bagi para penggemar roman.

Platform ini menyajikan beberapa webtoon paling populer di genre roman, tetapi Anda tetap akan menemukan berbagai genre dan judul.

Anda dapat mengikuti para pembuat, dengan mudah mengunduh isinya, dan memberikan dukungan bagi komunitas dan para pembuat melalui fitur-fitur sosial aplikasi ini.

Lezhin menggunakan sistem “WUF,” yang merupakan singkatan dari “wait until free.” Ini memungkinkan pembaca untuk mendapatkan kunci harian yang membuka bab dari seri favorit mereka.

Bagi mereka yang tidak ingin menunggu, dapat berlangganan untuk mendapatkan akses membaca tanpa batas.

Anda dapat menyinkronkan kemajuan Anda di berbagai perangkat, sehingga Anda dapat membaca di mana pun Anda inginkan dan melanjutkan dari tempat terakhir, tanpa memandang perangkat yang Anda gunakan sebelumnya.

Dengan melayani berbagai jenis pelanggan, Lezhin adalah tempat yang bagus bagi mereka yang mencari komik berorientasi cinta, serta bagi mereka yang menikmati genre lain.

Android | iOS

Tapas

Tapas adalah platform komik indie besar. Berbeda dengan Webtoon dan Lezhin, yang merupakan aplikasi pembaca manhwa yang mengejar berbagai industri, Tapas menyediakan para pembuat yang ingin masuk ke dunia menulis indie.

Ada berbagai genre dan judul, baik komik maupun novel. Anda dapat mendukung pembuat favorit Anda secara independen melalui tip. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda memberi komentar dan memberi peringkat pada bab-bab yang Anda baca.

Seperti Lezhin, koin diberikan setiap hari untuk mengakses konten baru, dan juga ada sistem WUF. Sebagai alternatif, Anda dapat menjadi penggemar terbaik dari seorang pembuat untuk mengakses konten baru sebelum orang lain dengan memberikan koin di dalam aplikasi yang disebut “Ink”.

Sama seperti Webtoon dan Lezhin, Anda juga dapat mengunduh episode manhwa di Tapas dan membacanya secara offline tanpa koneksi internet.

Tapas menyajikan bukan hanya manhwa tetapi juga jenis karya kreatif lainnya, seperti komik panel dan novel web. Ada sesuatu untuk semua orang di Tapas, jadi jika Anda mencari karya komik yang lebih santai dan berukuran kecil, inilah platform yang cocok untuk Anda.

Android | iOS

Tappytoon

Tappytoon menyajikan beberapa manhwa paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Ini termasuk judul seperti Solo Leveling dan The Legend of the Northern Blade, yang mendapat pujian besar.

Selain itu, Tappytoon memiliki perpustakaan komik yang lebih kecil, tetapi menarik yang tidak tersedia di tempat lain.

Aplikasi ini menyediakan seni digital berkualitas tinggi. Anda dapat dengan mudah menjelajahi katalognya, dan juga mendukung fitur-fitur dasar seperti mengunduh dan berlangganan untuk kenyamanan.

Selain komik, Tappytoon juga memiliki bagian khusus di aplikasinya untuk novel grafis. Jika Anda menyukai genre tersebut, Anda dapat memulainya dengan melihat daftar novel grafis terbaik yang dapat Anda baca secara gratis di Amazon.

Berbeda dengan platform lain yang menawarkan koin gratis setiap hari untuk membuka bab dari seri apa pun, Tappytoon hanya mengizinkan ini untuk beberapa seri pilihan.

Jika Anda adalah penggemar beberapa seri, Anda mungkin harus membayar untuk kontennya. Harus dicatat juga bahwa situs web mereka menawarkan beberapa seri yang tidak tersedia di aplikasi seluler.

Terlepas dari batasan-batasan ini, Tappytoon menyajikan beberapa karya berkualitas tinggi yang sebaiknya Anda coba.

Android | iOS

INKR Comics

INKR Comics menyajikan berbagai manga, manhwa, webtoon, dan jenis komik lainnya. Anda dapat menemukan beragam perpustakaan komik yang diperbarui setiap minggu dengan bab-bab terbaru.

INKR menggunakan mesin rekomendasi personal yang memantau apa yang Anda baca, lalu menghasilkan saran-saran yang mungkin menarik bagi Anda.

Pengembangnya berfokus untuk menciptakan aplikasi yang memberikan pengalaman yang mulus dan lancar. Dengan menciptakan penampil yang berjalan dengan mulus dan memungkinkan pengguna melihat pratinjau bab tanpa memuat gambar besar, menjelajahi aplikasi ini cepat dan mudah.

INKR menyediakan perpustakaan uniknya sendiri dan eksklusif yang tidak tersedia di tempat lain. Satu-satunya kekurangan dengan INKR adalah Anda harus membuat akun sebelum membaca konten platform ini.

Meskipun platform ini menyediakan berbagai jenis komik, ada juga aplikasi lain yang secara eksklusif menyajikan manga di Android dan iOS jika Anda tertarik.

Android | iOS

Manta Comics

Manta Comics adalah publikasi lain yang menyajikan manga, manhwa, dan komik yang diterjemahkan dalam format yang mudah diakses.

Mereka menyediakan komik eksklusif dan tidak menggunakan sistem pembayaran per bab seperti beberapa platform lainnya. Anda dapat membaca sepuasnya tanpa perlu khawatir tentang koin atau kunci yang habis.

Namun, bukan berarti Manta Comics adalah aplikasi manhwa gratis. Anda harus membayar untuk mendapatkan akses tanpa batas ke katalog platform ini.

Seperti biasa, buku komik tidak murah, tetapi ada cara untuk secara legal membaca komik online secara gratis.

Fitur-fitur Manta Comics mirip dengan aplikasi manhwa lainnya, termasuk rekomendasi dan opsi berlangganan untuk penulis favorit Anda.

Manta Comics menyajikan perpustakaan khusus yang utamanya berfokus pada genre roman, jadi ceklah jika Anda menyukai gaya tersebut.

Android | iOS

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment