5 Cara Menghapus Data di Android Secara Permanen

menghapus data di hp android

Ketika Anda menghapus file dari ponsel Android Anda, sebenarnya file tersebut tetap berada dalam penyimpanan perangkat Anda hingga ditimpa dengan data baru.

Hal ini pernah menjadi masalah privasi utama karena berarti file yang dihapus dapat diambil kembali menggunakan perangkat lunak pemulihan data.

Sejak Android 6, semua ponsel Android secara default dienkripsi, mencegah perangkat pemulihan akses ke kontennya. Namun, jika Anda masih khawatir tentang file sensitif jatuh ke tangan yang salah, kami akan menjelaskan cara menghapus data yang sudah dihapus secara permanen.

Menghapus Item Menggunakan Pengelola File

Cara terburuk untuk menghapus file pribadi dari ponsel Android adalah dari dalam aplikasi terkait. Ini meningkatkan risiko item dipindahkan ke folder Tempat Sampah daripada dihapus secara permanen, atau terus ada sebagai salinan cloud yang disinkronkan.

Contohnya, aplikasi Google Photos menyimpan gambar dan video yang dihapus selama 60 hari kecuali Anda mengosongkan tempat sampah secara manual. Bahkan jika Anda menghindari ini dengan memilih “Hapus dari perangkat,” item akan tetap berada dalam akun Google Anda.

Pilihan yang lebih baik adalah menggunakan aplikasi penjelajah atau pengelola file untuk menghapus item sensitif secara permanen. Ada banyak penjelajah file gratis untuk Android, termasuk aplikasi Files milik Google yang sangat baik.

Pilih item di penjelajah file Anda. Lalu, ketuk tombol tempat sampah atau tekan menu tiga titik dan pilih “Hapus”. Konfirmasikan bahwa Anda memahami penghapusan tidak dapat dibatalkan dan ketuk “Hapus” lagi.

Selain itu, beberapa penjelajah file memiliki folder Tempat Sampah yang harus Anda kosongkan untuk menghapus file secara permanen. Inilah cara menghapus file di Android.

Menghapus Data dengan Pemusnah File

Jika enkripsi ponsel Anda tidak cukup membuat Anda yakin bahwa file yang dihapus tidak dapat dipulihkan, atau jika Anda menggunakan versi Android lama, pertimbangkan untuk menginstal pemusnah file. Ini akan menghapus “ruang” kosong pada perangkat Anda yang mungkin masih berisi data yang sudah dihapus.

Pemusnah file seperti iShredder dan Shreddit menawarkan pilihan algoritma pemusnahan. Ini memungkinkan Anda memutuskan berapa kali data ditimpa dengan karakter acak. Setiap penimpaan dikenal sebagai “pass” atau “cycle,” dan semakin banyak penimpaan, semakin kecil kemungkinan data yang dihapus dapat dipulihkan.

Anda perlu memberikan izin kepada aplikasi-aplikasi ini untuk mengakses file Anda (dan opsionalnya kontak Anda, yang tidak kami rekomendasikan), tetapi mereka tidak akan menghancurkan apa pun tanpa meminta konfirmasi dari Anda. Coba salah satu dari aplikasi-aplikasi ini untuk mengelola izin aplikasi di Android dan menjaga kontrol atas apa yang diizinkan aplikasi-aplikasi Anda lakukan.

Menghapus Ruang Kosong Menggunakan Shreddit

Berikut cara membuat data yang dihapus tidak dapat dipulihkan menggunakan pemusnah file gratis, Shreddit.

Buka aplikasi dan ketuk tiga titik di sebelah Penyimpanan Internal. Ketuk “Bersihkan ruang kosong.” Hati-hati agar tidak sengaja ketuk “Hapus seluruh penyimpanan” karena akan menghapus semua data di ponsel Anda.

Ketuk “KONFIRMASI” di bagian bawah untuk memulai proses penghapusan ruang kosong. Anda dapat membiarkannya berjalan di latar belakang dengan memilih “Latar belakang” di layar berikutnya. Jika Anda ingin menggunakan ponsel Anda dan proses ini memperlambat kinerja ponsel Anda, Anda dapat ketuk “Batal” untuk menghentikan proses.

Menghapus File Android dari PC Anda

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi untuk menghapus file secara permanen, Anda dapat menghubungkan ponsel Android Anda ke PC dan menghapus data melalui Windows.

Metode ini memudahkan Anda menemukan dan menghapus item tertentu dengan percaya diri menggunakan Penjelajah File. Jika Anda tidak yakin, berikut cara mengakses dan mentransfer file dari Android ke PC.

Hubungkan ponsel Anda menggunakan kabel USB dan pilih “Buka perangkat untuk melihat file” dari opsi AutoPlay. Atau, buka Penjelajah File, pilih “Komputer ini,” dan klik dua kali ikon drive ponsel Anda.

Jika drive terlihat kosong, tarik ke bawah layar ponsel Anda untuk membuka bilah notifikasi, ketuk “Pengisian USB untuk perangkat ini,” dan pilih “Transfer file” atau “Transfer files.” Atau, pergi ke “Pengaturan” > “Perangkat yang Terhubung” > “USB” dan aktifkan opsi di sana.

Jelajahi folder-folder di ponsel Anda untuk menemukan file yang ingin Anda hapus. Jika itu adalah foto atau video, kemungkinan akan berada di folder DCIM > Kamera.

Klik kanan item tersebut, pilih “Hapus,” dan konfirmasikan bahwa Anda ingin menghapusnya secara permanen. Perlu diingat bahwa file tersebut tidak akan dikirim ke Tempat Sampah Windows tetapi akan hilang selamanya. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menghapus semua data Anda dengan aman dari ponsel, ini adalah pilihan yang kokoh.

Menghapus File dari Kartu SD

Jika file pribadi yang ingin Anda hapus terletak di kartu memori SD daripada di penyimpanan internal ponsel Anda, ada beberapa cara untuk menghapusnya.

Pertama, pergi ke “Pengaturan” > “Penyimpanan” > “Kartu SD.” Temukan file tersebut dan hapus dari sana. Namun, ini tidak akan membuatnya tidak dapat dipulihkan, jadi Anda mungkin ingin memformat kartu tersebut juga.

Ini akan menghapus semua isinya, jadi pastikan Anda memindahkan file-file yang ingin Anda simpan ke ponsel terlebih dahulu.

Ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas dan pilih “Pengaturan Penyimpanan.” Pilih “Format,” lalu ketuk “Hapus & Format” atau “Format kartu SD” untuk menghapus dan memformat kartu.

Atau, Anda dapat menghubungkan ponsel Anda ke PC, seperti yang dijelaskan sebelumnya, atau memasukkan kartu SD ke pembaca kartu di komputer Anda. Anda perlu “membongkar” kartu terlebih dahulu dengan memilih “Lepaskan” sebelum Anda mengeluarkannya dari perangkat Anda.

Setelah terhubung ke Windows, jelajahi isi kartu SD di Penjelajah File, temukan file tersebut, klik kanan, dan pilih “Hapus.”

Selain itu, beberapa aplikasi pemusnah file Android dapat menghapus dan menimpa data yang disimpan di kartu SD, termasuk Shreddit (lihat tip 2 di atas).

Mengembalikan Ponsel Anda ke Pengaturan Pabrik

Cara paling drastis untuk menghapus file pribadi secara permanen adalah dengan melakukan reset pabrik. Ini akan menghapus semua data di ponsel Anda, sehingga lebih baik digunakan sebelum menjual atau mendaur ulang perangkat Anda. Anda harus mencadangkan data Android yang ingin Anda simpan terlebih dahulu.

Pastikan ponsel Anda dienkripsi agar data tidak dapat dipulihkan setelah reset pabrik. Pergi ke “Pengaturan” > “Keamanan” > “Tingkat lanjut” dan ketuk “Enkripsi & kredensial.” Pilih “Enkripsi ponsel” jika opsi tersebut belum diaktifkan.

Kemudian, pergi ke “Pengaturan” > “Sistem” > “Tingkat lanjut” dan ketuk “Opsi Reset.” Pilih “Hapus semua data (reset pabrik),” dan tekan “Hapus semua data.” Kami memiliki panduan lengkap tentang cara mereset pabrik ponsel Android Anda.

Ketika diminta, masukkan kode keamanan atau pola Anda, lalu ketuk “Hapus semua data” untuk mengembalikan ponsel Anda ke pengaturan pabrik. Jika Anda masih parno tentang data Anda yang dapat dipulihkan, Anda dapat menghapus ruang kosong dengan pemusnah file setelahnya. Tapi itulah cara Anda bisa menghapus semua data dari ponsel Anda.

Penutup

Tidak ada yang ingin file pribadi jatuh ke tangan orang yang tidak berhak. Meskipun enkripsi bawaan Android seharusnya membuat data yang dihapus tidak dapat dipulihkan, mencoba metode lain yang telah kami sebutkan akan memberikan ketenangan pikiran total.

Metode-metode ini menawarkan berbagai pilihan untuk menghapus file dan data secara permanen di Android, tanpa memandang apakah Anda memiliki ponsel Samsung atau ponsel lainnya.

Tentu saja, semuanya berlaku dua arah. Kadang-kadang, Anda akan menghapus file secara tidak sengaja. Jika Anda bertindak cukup cepat dan memiliki alat yang tepat, Anda masih bisa mengembalikan foto-foto dan data lain yang telah dihapus tersebut.

Rating Artikel

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment