10 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

cara mendapatkan uang dari facebook

Facebook adalah platform media sosial yang populer, dan salah satu yang bernilai tinggi. Jika Anda sudah menghabiskan banyak waktu di platform ini, mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan uang dari Facebook.

Mengapa tidak mengoptimalkan waktu yang Anda habiskan online dan mencari cara untuk menghasilkan uang?

Berita baiknya adalah ada banyak cara untuk menghasilkan uang di Facebook.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Facebook?

Menghasilkan uang di Facebook dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun, Anda mungkin harus mengikuti aturan tertentu atau memenuhi kriteria tertentu sebelum Anda dapat menghasilkan uang di platform ini.

Berikut adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang di Facebook.

1. Monetisasi Konten Anda

Dapatkah Anda mendapatkan bayaran untuk halaman Facebook Anda? Jika Anda seorang pembuat konten, berikut adalah beberapa cara utama untuk mendapatkan uang di Facebook:

  • Bekerja dengan merek: Berkolaborasi dengan merek dan mempromosikan konten dapat meningkatkan visibilitas dan potensi penghasilan Anda. Anda mungkin perlu terhubung dengan mereka terlebih dahulu atau memiliki jumlah pengikut yang cukup besar untuk memulai. Beberapa merek akan membayar Anda berdasarkan referral, sementara yang lain membayar berdasarkan berapa banyak orang yang Anda konversi menjadi pengguna merek mereka.
  • Bergabung dengan program kolaborasi merek resmi Facebook: Anda perlu memiliki setidaknya 1.000 pengikut di halaman Facebook Anda untuk memenuhi syarat untuk program kemitraan resmi ini. Anda juga perlu memenuhi persyaratan lain, seperti memiliki 15.000 keterlibatan posting atau 180.000 menit ditonton dalam dua bulan terakhir.
  • Iklan dalam video: Ini adalah iklan yang muncul saat Anda melakukan siaran langsung di Facebook atau saat seorang penonton menonton video yang diminta. Anda akan membutuhkan waktu tonton sekitar 600.000 menit dalam 60 hari terakhir untuk mendapatkan bayaran di Facebook melalui cara ini.
  • Langganan penggemar: Facebook memiliki program undangan yang memungkinkan Anda menghasilkan uang melalui konten eksklusif, merchandise diskon, dan video langsung. Anda perlu mendaftar untuk program ini.

2. Buat Grup atau Halaman Facebook

Grup Facebook adalah tempat di mana individu-individu dengan minat yang sama berkumpul dan terhubung melalui ide-ide atau hal-hal tertentu. Ini bisa hampir apa saja, mulai dari memancing, memasak, hingga seni.

Banyak grup Facebook memiliki aturan sendiri dan beberapa mungkin membatasi atau mencegah anggotanya mempromosikan merek atau bisnis mereka.

Tetapi jika Anda membuat grup sendiri, Anda dapat menetapkan aturan sendiri. Ini berarti Anda dapat mempromosikan layanan Anda, menjual produk, atau bahkan menghasilkan uang dari pemasaran afiliasi.

Pilihan lain adalah membuat halaman Facebook dan menghasilkan uang melalui cara tersebut. Anda perlu mengikuti langkah-langkah dan kebijakan tertentu untuk memonetisasi layanan Anda melalui halaman tersebut.

3. Jual Barang di Facebook Marketplace

Anda dapat menggunakan Facebook Marketplace untuk menjual barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Barang-barang yang dapat Anda jual termasuk perabot, barang koleksi, perhiasan, dan elektronik.

Anda juga dapat membeli barang di Marketplace dan menjualnya dengan harga lebih tinggi di tempat lain – seperti di eBay atau Amazon.

Berbeda dengan layanan serupa, seperti eBay atau Etsy, pembeli Anda biasanya akan berada di area lokal. Ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang biaya pengiriman. Namun, Facebook mungkin mengambil sedikit biaya dari penjualan Anda.

4. Menghasilkan Uang dengan Acara Facebook

Fitur lain yang dimiliki Facebook adalah acara. Dengan fitur ini, Anda dapat mengadakan acara di Facebook Live. Acara dapat berupa apa saja – dari pertemuan hingga pelatihan atau kursus online hingga lokakarya lokal.

Cukup berikan detail tentang acara tersebut dan pasarkan melalui alat acara. Begitu tanggal jadwal tiba, Anda dapat mengadakan acara secara online atau langsung.

Facebook akan menghentikan acara berbayar. Namun, Anda masih dapat membuat acara yang mengarahkan pengguna ke situs web eksternal. Ini bisa menjadi situs web Anda sendiri atau kursus yang Anda miliki. Anda dapat mengenakan biaya untuk acara tersebut di situs tersebut.

5. Menjadi Manajer Media Sosial untuk Merek

Jika Anda pandai dalam pemasaran media sosial, merek online mungkin bersedia menyewa Anda sebagai freelancer atau karyawan. Bahkan jika perusahaan tersebut sudah memiliki kehadiran online, kemungkinan masih ada ruang untuk meningkatkannya.

Dengan keterampilan dan pengalaman Anda, Anda dapat menggunakan Facebook untuk menemukan merek-merek ini dan memperbarui akun media sosial mereka.

6. Investasi di Bidang Properti

Membeli dan menjual tanah adalah opsi lain yang bisa dipertimbangkan, terutama jika Anda tidak keberatan dengan sedikit risiko. Jika Anda tertarik, mulailah dengan membeli tanah mentah dengan harga diskon.

Kemudian, gunakan grup Facebook untuk mencari calon pembeli di area tersebut. Begitu Anda menemukan seseorang yang bersedia membeli, jual tanah tersebut dengan skema pembayaran yang terjangkau.

Anda dapat menghasilkan pendapatan pasif selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dengan cara ini.

7. Bekerja untuk Facebook

Facebook, atau Meta, sering memiliki lowongan pekerjaan online. Pekerjaan ini beragam dalam persyaratan. Misalnya, beberapa dapat dilakukan secara remote sementara yang lain membutuhkan Anda tinggal di area tertentu. Lainnya membutuhkan tingkat pendidikan atau pengalaman formal tertentu.

Karyawan Facebook menerima gaji mulai dari $45,783 hingga $684,863 per tahun. Jadi, jika Anda mencari pekerjaan full-time, perhatikan postingan yang mungkin sesuai dengan pengalaman, pendidikan, dan minat Anda.

8. Promosikan Kursus atau Layanan Anda

Jika Anda memiliki kursus atau layanan online, Anda dapat menggunakan Facebook untuk mempromosikannya, mengarahkan lalu lintas, dan meningkatkan penjualan.

Tergantung pada apa yang Anda tawarkan dan berapa banyak pengikut yang Anda miliki, Anda dapat menghasilkan jumlah uang yang lumayan dengan cara ini.

Mulailah dengan membuat postingan Anda menjadi publik sehingga orang dapat melihat dan membagikannya dengan pengikut mereka. Jadilah jelas tentang apa yang Anda tawarkan dan kepada siapa.

9. Terlibat dalam Program Bug Bounty Facebook

Program Bug Bounty Facebook mendorong orang untuk melaporkan bug, kesalahan, atau aktivitas yang mencurigakan yang mereka temukan di platform tersebut. Facebook kemudian akan menyelidiki laporan tersebut.

Tergantung seberapa berdampak atau berisiko item tersebut, mereka mungkin membayar Anda atas laporan tersebut. Jika mereka memutuskan untuk memberikan pembayaran, Anda dapat menghasilkan $500 atau lebih.

10. Buat Penggalangan Dana di Facebook

Facebook memiliki fitur yang memungkinkan Anda membuat penggalangan dana untuk diri sendiri, orang lain, tujuan tertentu, atau perusahaan.

Jika Anda memilih untuk membuat penggalangan dana pribadi, Anda dapat menggunakan platform ini untuk terhubung dengan orang lain yang mendukung tujuan Anda.

Anda dapat membaca tentang beberapa penggalangan dana yang sukses di halaman penggalangan dana Facebook. Sebagai contoh, ada pasangan yang mengumpulkan lebih dari $3.000 agar dapat mengikuti kompetisi internasional.

Ada juga orang lain yang berhasil mengumpulkan lebih dari $11.000 untuk membantu membayar pemulihan saudaranya setelah kebakaran.

Kesimpulan

Pada akhirnya, Anda dapat menghasilkan uang di Facebook – dan platform media sosial lainnya juga. Meskipun Anda tidak memiliki pengikut internet yang besar, masih mungkin untuk menghasilkan uang melalui hal-hal seperti investasi atau penjualan di Facebook Marketplace.

Jika Anda ingin memonetisasi konten, produk, atau layanan Anda, bersiaplah untuk mengikuti panduan tertentu. Tergantung pada apa yang Anda posting, Anda dapat mendapatkan bayaran berdasarkan hal-hal seperti jumlah tayangan, waktu tontonan, klik, dan tingkat konversi.

Rating Artikel

Bagikan:

Tags

meta

Related Post

Leave a Comment